Sunday, January 14, 2018

POS SECURITY - SATPAM - PENJAGAAN

Hubungi kami di,

Hubungi 86 ENGINEERING  dan Konsultan
Base Camp Jl Desa Paitan, Desa Paitan RT02/03, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo
Email : ya_andri18@yahoo.com
Hp : 081378638978
WA : 081378638978

Salah satu perencanaan design bangunan yang memerlukan tata letak, konsep, tampilan, kegunaan dan efisiensi sebuah bangunan adalah langkah awal dalam mendesain sebuah bangunan, baik itu yang skala kecil maupun dalam bangunan skala besar.

Tampak depan bangunan pos jaga
Tampak isometrik

Tampak samping bangunan pos penjagaan

Tampak isometrik bangunan pos penjagaan


Lahir kembali menjadi bagian dari perencana bangunan untuk menjadi solusi permasalahan langkah awal pembangunan sebuah bangunan.


SINAU URIP

Mlakune salah siji karo liyane wong iku onone bedo lan werno werno. Mlakune iso podo nang arahe namung, prosese siji lorone iso bedo lan kadang ora gatuk babar blas.  Angele dadi wong urip, angele sinau dadi wong seng sak benere wong. Akeh banget wolak walike ati seng awake dhewe nglakoni. Tinemu seng sak niki dadi sek sakbenere bener miturut nalare dhewe, biso ora kanggo babar pisan nang wektu mengarep kanggo awake dhewe. Dadi kepastian bener niku ora biso dipastike saklawaase. Onone mung berubah ubah miturut pemahaman nalar awake dewe. Kuwi gumantung seko dasare ati lan pikiran nang wektu sakniki. Sak apik apike wong urip meniko seng saged jujur mituhu datheng awake piyambak, awake piyambak meniko ingkang maksudipun saking intine djati nipun wong urip. Angel pancen menopo ingkang seng  dikarepen asmane “ djati “, djati meniko barang seng pangonane ono ng jero seng paling njero saben2 wong urip. Ora sembarangan wong urip biso nemoni djatinipun piyambak - piyambak. Ono seng wes nemoni djatine miturut awake dhewe, namung akeh seng kliru angone ngarani nek barang kuwi arane djati. Dalan dowo prosese supoyo biso ketemu ingkang arane djati, inti sak inti intine barang software seng ono ng njero awake dhewe – dhewe. Proses seng ora ono pedote, sinau podo sinau, latihan terus terusan, njamin ora njamin mbuh biso ketemu seng diarani djati meniko mbuh ora, nek wes biso mendekati  ketemu kuwi wes iso diarani menungso seng apik, menungso seng resik, menungso seng manunggal karo awake dhewe, manungso seng mituhu karo awake dhewe.
Djati meniko ibarate obor ng wayah awan seng tetep murub, ibarate garis pathokan ng njero bunderan, ibarate lor kidule arahe wong mlaku, ibarate teteg banyu ng kali gede, ibarate wayah ing wanci subuh, kabeh wujude tindakan seng metu seko awake dewe meniko murni sangking asile olahan seko njero awake dewe, sanes seko olahane pihak njobo. Ngerti menopo seng kudu dilakoni lan kudu ditindakaken, tetep nglakoni mesti mboten wonten pengaruhe, mesti nglakoni mesti mboten diregani, mesti nglakoni mesti angel, mesti nglakoni. Djati kuwi wujude tindakan seng marai, sanes tindakan lantaran mergo, djati meniko jujur lan mituhu kaleh awake piyambak.

Sugeng rawuh djati, mugi saged dados obor, dados garise pathok, dados lor kidule mlakune wong seng lagi nglakoni sinau dadi wong urip. Amin….

Monday, June 6, 2016

KEYAKINAN HIDUP


Hidup adalah bukan sebuah definisi satu dua kata yang menjadi kalimat selanjutknya mengiring kita kedalam sebuah pemahaman untuk mengikuti dan mengamini tentang arti dari sebuah kata yang menjadi kalimat tersebut. Semua unsur2 kehidupan yang kita merasa bisa mendifinisikan arti dan maknanya adalah hanyalah keterbatasan dan memperlihatkan kelemahan kita sebagai yang katanya sekarang seorang manusia. Dan bukan sebuah definisi itu sendiri adalah definisi yang kita bangun untuk mendapatkan definisi. Sebuah makna tertentu selanjutnya dibantah dengan keterbalikannnya itu sendiri adalah sama sama makna yang dibangun untuk sebuah arti dari sebuah materi atau benda tersebut. Rumit dan sangat yakin tidak bisa dijangkau. Tan kinoyo ngopo tan keno kiniro. Ada sesuatu hal yang memang kita sebagai mahluk tidak bisa menjangkaunya dan kita cukup untuk tidak tahu akan sesuatu itu, menjalani dan bergembira dengan ketidak tahuannya itu. Tetap dengan yakin dan menyakini bahwa ada satu dzat yang maha besar, sangat dan sangat dan menguasai semuai seisinya.
Daun yang ada dipohon disamping rumah adalah sebuah maha agung yang seharusnya saya pahami bahwa semuanya telah diciptakan dengan sangat sempurna, bahwa ada sang ADA untuk keadaan yang ada dialam ini. Sang ADA ada di embun pagi, ada di udara yang kita hirup, ada didalam mimpi malam kita, ada disaat kita tak berdaya, ada disaat kita makan, ada di lidah kita, ada disaat kita mandi, ada di air, ada ruangan sempit ini, ada debu kecil yang berterbangan, ada di sesuatu yang tidak ada, ada dibenda yang katanya solid.
Kontradiksi antara ya dan tidak antara baik dan buruk, antara bagus dan jelek, antara hitam dan putih, antara ini dan itu, antara kamu dan saya, antara indah dan jelek. Antara tersebut adalah pembeda yang sebenaranya semuanya itu tidak ada. Sekali lagi itu hanyalah keterbatasan dan kelemahan kita sebagai mahluk dari sang ada. Siapa kah yang layak disebut baik untuk kedua belah rumah yang saling berdekatan, dengan tidak membunyikan radio keras keras atau salah satu tentangga yang maklum dengan bunyi radio yang sangat keras. Mana yang sebenarnya baik?
Sang ADA setiap dan waktu, sekali lagi waktu itu sendiri adalah batasan, sedangkan sang ADA adalah tanpa batas, setiap keadaan tanpa terbatas oleh waktu, sang ADA selalu ada disetiap dan seluruh yang ada di alam jagad raya. Tanpa ada kalkulasi dan kajian ilmiah untuk menjabarkan adanya sang ADA, cukup melihat semut kecil yang ada dirumah kita adalah tampilan tuhan yang maha sempurna. Logika manusia sangat jauh dan tidak akan bisa mampu menjangkau kepadaNYA. Keyakinan akan perwujudan keimanan tentang apa yang kita imani untuk mejadikan pedoman untuk bertahan hidup dan melanjutkan kehidupan selanjutnya sesuai dengan keyakinan yang kita anut, keyakinan yang akan menjadikan penganutnya menjadi merasa lebih baik.
Keyakinan akan mengantarkan kepada satu titik dimana kita berada pada satu kenyamanan kehidupan untuk tetap melanjutkan kehidupan, melanjutkan kehidupan yang mudah mudah di satu titik terakhir mendapat panggilan untuk yang menjadi mahluk untuk bersama sama yang lainnya juga dipertemukan dengan sang ADA.

Dumai, 1 Ramadan 1437, 6 Juni 2016


Sunday, April 17, 2016

SAPA SENG NGERTI ( MBOK )

Kiye dino, wes akeh seng diliwati, akeh seng rung ngerti koyo apa mbiyen mulo2ne seng wes dilakoni seko sejarah awal seng wes tau kaleksanan ing daerah kiye. Daerah seng jare pernah diliwati utowo wes tau dipanggoni dening kanjeng sunan kalijogo ( podo2 ra ngertine tur kur jare, nek kepingin ngerti temenan yo podo2 sinau sejarah_nek gi pas gelem) iki dadi dalan seng tak tekan mbesok rep tak lakoni ngo wektu2 ngarep urip ng ndunyo. Daerah seng jare ono kalen seng ngawe poro wali mergone tekan saiki ra tau ilang tur eseh ono kalene, mung bedone soyo cethek mergo ra tau di rumat. Nek miturut pakar irigasi yo kahanane saiki ra klebu saluran seng cocok nggo miline banyu. Ojo kaget nek ono salah siji utowo salah loro malah2 akeh wong nang daerah iki akeh seng eseh turunane kanjeng sunan  kalijogo ( yo kur mbedeg, sapa ngerti ). Deso iki saiki jenenge paitan, mbiyen ono aranedaerah krajan ( iso wetan lan kulon ) ono ugo pedukuhan lan daerah ngronggongan. Sopo ngerti pertelon lurung seng jare saiki akeh medine ( mbiyen saurunge akeh lampu pln ) mbiyen daerah kuwi dadi seng nggo ngaso utowo seng nggo nyusun strategi perange pangeran diponegoro. Sopo ngerti wong seng paling awal mbabad alas ng daerah krajan kuwi salah sijine wong seng niat ngolek ngilmu urip, sopo ngerti wong kuwi seko kerajaan mojopait_opo meneh jamane hayam wuruk lan patih gajah modo. Sopo ngerti daerah iki mbiyene daerah seng paling akeh nyumbang upeti seng paling akeh seko daerah liyane ng kerjaaan mataram.  Ugo sopo ngerti daerah iki daerah seng nggo ngrembug priwe carane kerajaan jawa hindu budha iso runtuh ng tanah jawi. Sopo ngerti daerah iki daerah seng nyumpang prajurit2 kerajaan jawa seng paling ampuh banding karo liyane.
Deso paitan seng saiki rasane eseh banget le kurang roso jawane, gotong royonge eseh ono pora yo ( kerigan dalan deso, dandan oloran, bedag tikus, lan liyane ), rodo kurang ngrumat_(salah siji utowo salah loro mungkin eseh ono seng gelem seng nguri2 ) seng wes tau ono lan dilakoni wong2 ng ndeso paitan. Jaran kepang turonggo  muda sekiye eseh mlaku, mugo mlaku tekan ngesok ngembem ben anak putu kabeh iso ngerti lan melo nguri2 onone kuwi. Kunthingan ? kesenian opo kuwi ? opo seng sholawatan jowo terus ono tabuhane klonengan jowo ?.  lumpang, poro, lesung? opo kuwi ?, Sendaren ? dolanan apa kuwi?
Deso paitan seng roto2 wong enome rung gelem nyemplung sawah melo buruh ngupoyo sego, luwih milih seng liyane seng jarene luwih apik lan luwih ngasilke ( termasuk enyong ). Jane yo kur priwe carane ndeleng sekabehane perkoro, dhuwur endepe perkoro kabeh seko umume nang kahanan ( termasuk seng kapusan seko carane ndeleng).
Deso paitan seng jaman mbiyene ora genah ( opo urung ngerti jane_mergo ra gelem ngluru jane seng kepriwe) alur seko mulo asale babad alas ( opo mungkin udu alas_mung pomahan suwung ), sopo seng ngerteni, sopo seng ngerteni kabeh mau, isone mung mbedeg karo mbedeg, karo ngedegke ati lan pikiran, yoiku jaman mbiyen ng ndeso paitan kuwi poro wali podo kumpul, ngrembug kahanan masyarakat jawi, priwe carane nyebarke agami, sak durunge kuwi mungkin poro biksu budha lan hindu podo nglumpuk ng daerah seng jenenge deso paitan iki kanggo nyebarke agami ugi. Kuwi udu yebar kebohongan utowo nipu salah sijine berita, iki mung priwe carane ngedegke pikiran lan ati kanggo anak putu kabeh seng ora nduweni fakta sejarah onone deso paitan. Mugi slamet dumatheng tiang sedanten deso paitan anggenipun nglampahi menopo ingkang dipun seng mogo kuwaos dawuh, menungso meniko naming manut menopo ingkang dipun dawuhi.

Akeh salahe lan akeh ngawure, sepurone ngeh.

Friday, January 22, 2016

yang menjadi samar


Mengapa banyangan yang mudah terlintas adalah mengenai hal ini ( sekejap pikiran yang melintas dipikiran hal2 jaman dulu yang pernah dilalui, bukan hal2 saat ini yang sedang dilakukan dan kira2 akan menjadi waktu yang akan datang ), yaitu bukan mengenai pekerjaan yang setiap hari saya lalui dari pagi sampai menjelang malam, menjadi buruh dibangunan kontruksi sangatlah menyita semua proses kehidupan yang seharusnya mungkin bisa lebih bisa menikmati kehidupan. Ternyata kejatuhan ataupun ketersengajaan memilih jenis pekerjaan ini harus dijalani dengan sangat mengorbankan setiap proses2 kehidupan semua orang2 terdekat. Tidak menjadi mengapa, dan menjadikan kecil hati, toh semua proses alur perjalanan setiap manusia akan menghasilkan sebuah rangkaian proses yang disetiap proses akan menghasikan sari2 makna yang bisa menjadikan pastinya atau seharusnya menjadi lebih dari sebelumnya. Kembali ke kalimat judul diatas “yang tersamar”, banyak hal2 jaman dulu dikampung saya yang kemungkin adik2 saya saya ini yang sudah tidak lagi mengetahui salah satu ataupun salah banyak sebuah kata, bahkan untuk mengetahui, hanya untuk mendengarnya saja kurasa belum pernah sekalipun. Bukan salah siapa2, yaitu perkembangan jaman yang menengelamkan sebuah budaya dengan dganti dengan budaya baru. Barang atau sesuatu yang jaman dahulu menjadi barang penting dan sehari hari dipakai oleh orang, kini barang tersebut menjadi hilang entah kemana perginya.
Yang pertama yang saya sebut, “Lumpang”, siapa yang masih ingat lumpang, dan siapa yang dirumahnya masih ingat dengan lumpang?? Setahu saya lumpang itu terbuat dari kaya yang dibuat sedemikian sehingga ada cekungan kedalam. Fungsi dari lumpang untuk menghaluskan sesuatu makanan tertentu, bahkan digunakan untuk menguliti gabah menjadi beras dijaman dahulu kala, tentunya masih banyak fungsi dan kegunaan dari pada lumpang yang belum saya ketahui sebelumnya. Sudah lama sekali rasanya sudah tidak melihat lagi barang yang disebut lumpang, dimana di desa saya desa paitan yang masih menyiman dirumahnya “lumpang” tersebut?? Masihkan anak2 sekarang mengetahui adanya lumpang? Taukah mereka bahwa dijaman dahulu untuk menumbuk suatu makan untuk dihaluskan mengunakan alat yang namanya lumpang?, bukan blender ataupun apapun, semoga suatu saat nanti ada yang mau mengiklaskan waktu dan pikirannya untuk mengumpulkan, menginferntarisir, mendata dan mengarsipkan warisan2 jaman dulu dari nenek moyang kita, paling tidak yang pernah menjadi keseharian dan dilakukan oleh nenk moyang kita dijaman dahulu, supaya generasi penerus mengetahai sejarah dan latar perjalanan dahulu kala.
Hal sesuatu yang lain yang mungkin saat ini sudah using ditelinga kita :
1.      Poro
2.      Longan
3.      Gledeg
4.      Dengklek
5.      Koko-ek
6.      Linthungan
7.      Jamuran
8.      Cublak cublak suweng
9.      Mereman
10.  Dan masih banyak lagi, silahkan ditambahkan dikolom komen,

Sekiranya semua proses dari semua budaya yang pernah kita alami menjadi bagian satu kesatuan yang diawal memberi tahu, dan yang diakhir mempelajarinya adalah penghargaan yang tertinggi dari manusia disuatu wilayah, mudah2an itu ada didesa kami.


Nderek pangapunten,21-01-2016

Monday, January 18, 2016

musim polowijo didesa kami

Musimnya memang sudah lewat, tapi berita dan cerita2 susah senang, sukses dan gagal masih ada dibeberapa tempat. Memang sudah lupa dengan apa yang sudah terjadi dan sudah beralih lagi ke kegiatan yang lain yaitu musim tandur. Ya musim tandur saat ini di desa saya sedang berlangsung, jenis apa saja mengenai bibit padi yang ditanam tidak begitu mengikuti ( seingat saya dulu ada IR 64, Deni dan ketan, tapi sekarang jenis2 apa saja yang ada dipasaran saya tidak begitu mengikuti, tentunya sudah banyak temuan dan improvisasi dari jenis2 benih padi yang unggul ). Kembali kemusim yang sudah lewat, yaitu musim polowijo, musim yang berada diantara sesudah panen dan sebulan dimulainya cocok tanam yang berikutnya ini, biasanya sawah sawah didesa saya ditanami Lombok ijo ( cabe hijau besar ) dan musim kemarin adaah musim yang sudah kesekian kalinya ( mungkin puluhan kali bahkan ratusan atau malah ribuan kali musim polowijo, sejak saya kecil sudah ada kegiatan polowijo ini ). Daerah kami ( desa paitan kecamatan kemiri kabupaten purworejo ) berada diantara pegunungan ( dataran tinggi ) dengan laut ( dataran rendah ), apakah ini memang cocok dengan tanaman polowijo sejenis Lombok ijo atau tidak, toh kegiatan ini sudah sangat lama berlangsung, belum ada penelitian mengenai hal ini ( kondisi tanah, kandungan air, jenis Lombok ijo yang cocok, pupuk yang cocok, cara tanam yang bagus, sampai kepada penjualan hasil panen ) dari pihak2/ dinas2 terkait. Toh masyarakat sudah sangat mandiri mengenai hal ini, berawal dari kebutuhan dapur atau ditambah dengan kebutuhan hidup lainnya, polowijo adalah menjadi hajatan besar yang terjadi didesa saya, pemerintah mencanangkan 3 kali panen padi dalam satu tahun ( kalau ngak salah ingat, dan itupun kalau belum berubah slogannya, jangan2 malah 4 kali dalam setahun ), didesa kami sepertinya dan sepengetahuan saya tidak bisa 3 kali dalam setahun, hanya 2 kali plus polowijo itu, ini bukan tanpa alasan, dan bukan keterlambatan dan kemalasan para warga didesa kami desa paitan. Ini adalah wujud dari pemanfaatan para warga yang tidak berbuat lebih banyak lagi untuk mengimplementasikan program 3 kali dalam setahun bagaimana tidak, pada panen dimusim kemarau, setelah panen selesai berlangsung, untuk menunggu air hujan turun dari langit ( ini sangat bergantung dengan alam, dan sepertinya yang sudah sudah adalah sangat lama jangka waktunya ) atau menunggu kiriman air dari waduk wadas lingtang ( rencana dan schedule airnya adalah hak dan wewenang dinas pemerintah terkait ) juga masih ada jeda waktu yang lumayan lama. Maka dari itu, berangkat dari kebutuhan hidup ditambah dengan sedikitnya lahan pekerjaan lainnya, ditambah dengan insting kreatif dari para warganya, dengan tidak ingin lahan sawahnya menganggur begitu saja maka polowijo adalah pilihan yang sangat masuk akal. Durasi waktu yang sangat singkat, dari penanaman bibit sampai bisa di panen membutuhkan waktu kurang lebih 70 hari ( mohon maaf kalau salah ). Yang menjadi kendala klasik sebagai petani apapun jenis tanaman yang ditanam adalah soal kepantasan harga hasil panen. Begitu juga dengan petani polowijo adalah murahnya harga Lombok ijo sewaktu musim panen telah tiba. Dari tahun ketahun masalah ini belum bisa terselesaikan oleh para petani polowijo itu sendiri. Semua hasil panen adalah dibeli oleh seorang pembeli yang juga warga tempatan didesa dengan kalkulasi harga yang sudah ditentukan oleh pembeli tersebut. Tidak ada tawar menawar yang selayaknya penjual dan pembeli melakukan transaksi. Tetapi apa boleh buat, pembeli adalah perwujudan kapitalis yang entah dengan rumus apa mereka bisa membuat dan menentukan harga. Tetapi dalam hal ini saya tetap belajar dari seorang petani polowijo, karena didalam diri seorang petani polowijo, dari mulai proses awal rencana sampai dengan panen, disitu ada keuletan, keteguhan, kemandirian, kepasrahan, daya juang, kepercayaan ke pada tuhan yme. Kembali teringat mengenai banyak sedikitnya rejeki yang akan diterima dan juga perjalanan hidup masing masing manusia, bahwa segala sesuatu itu yang mengatur adalah “ seng ngecat wernane Lombok ”

11:49, 1/17/2016

Betonisasi jalan di desa kami

Ini wujud kecintaan dan peduli ( walau sebenarnya kemungkinan juga belun terasa atau yang menjadi obyek tersebut tidak merasakannya, tapi namanya merasa dekat dan merasa mempunyai maka saya memberanikan diri ) pada tanah kelahiran yaitu desa paitan yang kini sudah banyak mengalami perkembangan dalam hal infrastruktur. Desa yang berada diwilayah karisidenan kedu ( entah sekarang masih ada wilayah ini dalam segi  administratif kepemerintahan atau tidak ), tepatnya di kecamatan kemiri kabupaten purworejo ( yang sebagian besar warganya lebih senang dan lebih percaya diri menyebut asal usulnya adalah dari kutoarjo, mengapa ini bisa terjadi dan menjadi umum di iyakan oleh sebagian banyak atau sedikit dari warganya, semoga ini bukan wujud dari rasa kekurang menghargainya dari apa yang sudah dipunyai ). Kembali ke perkembangan infrastruktur di desa saya, mulai dari jalan desa yang sudah dibetonisasi, gang ( lurung2 ) desa yang juga sudah dibetonisasi, sampai dengan kalen ( parit kecil ) yang sudah mulai diturab ( sender ). Kali ini saya lebih senang membahas betonisasi jalan didepan sd paitan kearah selatan ( yang konon masih dalam cakupan jalan desa dan menjadi tanggung jawab pemerintahan desa, tidak begitu jelas mengenai pembagian hak dan kewajiban mengenai ini, toh juga saya sebagai pemakai jalan, entah itu jalan desa atau jalan kabupaten juga akan berfungsi sama, dan mengenai hak dan kewajiban saya juga sama dalam hal ini ). Jalan yang menghubungkan dari desa paitan ke desa kali watu sebagian jalannya sudah dibeton ( kurang lebih tebal beton +15 cm ) melalui dana dari pemerintah diatasnya ( entah kecamatan, kabupaten, provinsi, pusat, kementrian, atau suatu yayasan ) jalan tersebut berhasil dibangun melalui perencanaan dan implementasi fisiknya adalah masyarakat desa sendiri ( semoga transparansi dan keterbukaan menjadi alasan utama untuk tetap menjujung tinggi tali silaturahmi dan tetap rukun antar sesama warga ). Jalan desa dibangun kira2 lebar +3 meter dengan panjang yang baru bisa dibangun +550 meter ( dengan anggaran yang ada ) dan masih menyisakan panjang jalan dari pertengahan dukuh gronggongan sampai dengan batas wilayah desa paitan dengan desa kaliwatu ( semoga segera bisa dilanjutkan pembangunan fisiknya kembali supaya akses jalan menjadi lebih baik lagi, katanya dibulan april bisa dilanjutkan kembali yang artinya dibulan itu atau bulan sebelumnya akan diterimanya uang dalam jumlah tertentu untuk melanjutkan program tersebut, semoga segera bisa terealisasi rencana tersebut ). Apresiasi adalah untuk sebagian banyak ataupun sedikit dari para warga yang ikut andil dalam proses pembangunan dari awal sekali perencanaan sampai akhirnya bisa jadi sebuah jalan beton ini ( bukan tanpa ada masalah dengan adanya jalan beton ini, tentunya masih banyak kekurangan mulai dari sisi teknis dan sisi kemanfaatan dari jalan tersebut ), secara keseluruhan ini adalah manfaat untuk para penguna jalan khususnya warga paitan, baik yang akan menuju ke desa kaliwatu maupun para warga yang akan melakukan aktifas di sawah.

Nderek langkung lan nyuwun agunging pangapunten,17/1/2016

Sunday, May 3, 2015

Keluarga Cemara 2


Ini lagunya…
Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga
Selamat pagi emak ( mamak )
Selamat pagi abah ( Bapak )
Mentari hari ini berseri indah
Terima kasih emak ( mamak )
Terima kasih abah ( Bapak )
Restu kasih perkasa
Bagi kami putra putri yang siap berbakti
Harta yang paling berharga adalah keluarga.
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga
Selamat pagi emak ( mamak )
Selamat pagi abah ( Bapak )
Mentari pagi ini berseri indah…

Seri kedua halaman ataupun tema ini saya tulis kembali, rasanya tidak akan cukup segala sesuatunya untuk mengungkapkan segala rasa, keinginan, perlakuan ataupun balas budi terhadap mamak dan bapak kita. Sudah sekian banyak hal hal yang tidak bisa dinilai dengan apapun entah itu apa namanya. Semua dan tak ada satupun hal yang bisa mengantikan kasih sayang, perhatian, cinta kasih, belaian, didikan, pengajaran, bimbingan dan masih banyak lagi hal hal yang tidak bisa disebutkan satu persatu satu. Semua bermuara dan menjadi satu kepada kedua orang tua kita masing masing. Rasa terima kasih saja tidak akan cukup, pemberian oleh oleh ataupun hadiah yang kita berikan tidak akan sanggup mengantikan semuanya yang telah diberikan kepada kita sebagai anaknya. Hanya sepersekian persen dari apa apa yang telah diberikan kepada kita selama ini. Semenjak dalam  kandungan sampai umur kita saat ini, sudah sekian banyaknya hal2 yang membuat repot, membuat jengkel, membuat marah, membuat khawatir, membuat sakit hati, membuat menangis, membuat berrtengkar, membuat kecewa, membuat bimbang, tanpa kita saat ini merasa sedikit pun bersalah dengan apa apa yang telah kita perbuat kepada kedua orang tua kita.
Saat ini dan detik ini semoga kesadaran ( semoga tidak kepura puraan ) mengantarkan doa semoga sehat selalu diberikan kepada kedua orang tua, mejalani kehidupan dihari tuanya dengan kesehatan jiwa dan raga, dapat menikmati hidup dengan terus mengabdi kepada tuhan yang maha esa sebagai perwujudan sebagai insan tuhan. Semoga bahagia selalu melingkupan setiap jengkal langkah kehidupan dengan keberadaan anak beserta cucu cucunya yang sudah mulai tumbuh besar. Amin ya robbal alamin…
Semoga suatu saat dan semoga target waktu yang sudah dijanjikan oleh diri sendiri dalam jangka waktu tertentu akan tercapai pada akhirnya. Salam untuk masa depan dan salam untuk jangkauan yang masih bisa kita ukur dengan semua kemungkinan kemungkinan kehidupan yang semestinya.
Semua rintangan dan halangan semoga diri ini sanggup untuk bertahan untuk tetap berkomitmen untuk tangguh berjalan sesuai dengan janji yang sudah diikrarkan sebelum.


24/03/2015, Dumai.

Sebuah Teguran

Tiba tiba…. Ya memang tiba tiba peristiwa itu terjadi, semoga hanya sebuah teguran untuk saya menjalani kehidupan selama ini yang masih jauh dari yang semestinya. Kesan perjalanan hidup yang dibuat seolah olah adalah sesuai dengan kaidah dan norma yang berlaku, sebenarnya hati ini malu sendiri dan sering kali terbesit pikiran dalam diri ini bahwa seorang pecundang dan pembohong adalah yang sebenarnya bahkan bisa dikatakan munafik. Banyak hal mulai dari pola piker, pola hidup dari yang bersifat perilaku, tingkah, perbuatan dan lain lain adalah hanya kesan manis yang hanya timbul kepermukaan. Yang kesemuanya adalah hanyalah semu belaka, yang hanya menjadi tutup dari ribuan tingkah dan perbuatan ataupun pola pikir yang sangat memalukan. Apakah ini yang dinamakan kehidupan yang sesungguhnya, kehidupan yang memang menjadi acuan bagi diri untuk terus menerus ingat kepada tuhan yang maha esa. Apakah kehidupan yang dijalani ini adalah perjalanan yang diperbolehkan oleh tuhan, ataukan perjalanan yang hanya dibiarkan oleh tuhan?
Ataukah perjalanan yang memang atas dasar perintah sang maha kuasa? Atau malah jangan jangan perjalanan yang dilarang oleh sang khalik? Terbesit dari hati kecil ini adalah alternative yang terakhir adalah yang sesuai dengan kenyataan. Kapan diri ini sadar dan menyadari akan kekeliruan yang sudah dijalani selama ini berlama lama. Kapan timbul keinginan untuk mampu berjuang berkomitmen untuk melawan diri sendiri untuk berjuang menjadi lebih baik dari sekarang ini. Apakah sekarang? Atau waktu kini? Nanti? Sebentar lagi kah? Penundaan hanya akan menjadikan diri ini kebal oleh tingkah dan perbuatan yang dilarang oleh tuhan, diri ini menjadi maklum dengan tingkah polah dan perbuatan serta pola pikir yang jauh dari tuntunan, paling tidak mendekati apa apa yang sudah menjadi keyakinan diri dan prinsip diri bahwa inilah yang sebenarnya harus dilakukan.
Hari adalah tempat belajar, hari kemarin adalah juga tempat belajar, hari besok adalah peluang untuk mengikuti ujian kehidupan atas usaha belajar yang sudah dijalani dihari ini dan hari kemarin. Pengambilan hikmah hikmah yang terjadi setelah satu hari penuh berinteraksi dan melewati hari hari ini di kemarin dan hari ini adalah untuk pesiapan hari esok menjadi lebih baik. Belajar adalah yang harus dilakukan untuk persiapan hari esok, komitmen adalah pegangan yang harus mejadi titik acuan dalam melakukan hari hari yang penuh dengan tantangan. Tangguh adalah modal perjalanan yang semakin kesana semakin tidak tahu bakalan yang akan terjadi.
Menjadi diri sendiri adalah inti dari beribu ribu kata positif untuk membangun kehidupan yang lebih baik lagi. Semoga bisa bertahan dan berjalan menjalani kehidupan untuk kehidupan yang akan datang menjadi lebih baik lagi.

Dumai,28/03/2015


After one moment for healty life…

KONSISTENSI

Tujuan adalah sebuah hal yang harus kita miliki sebagai seorang manusia, tapi apa itu tujuan sebagai manusia yang sesungguhnya? kalau berbicara mengenai tujuan pastinya ada jalan yang harus kita tempuh untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuannya tersebut. Benarkan yang menjadi tujuan kita adalah yang memang benar2 kita harus kita dapatkan sebagai seorng insane hamba tuhan? Ataukah jangan2 hanya tujuan yang semu yang hanya menndatangkan kekecewaan belaka ( toh kecewa dan tidak menurut ukuran kita sebagai manusia adalah sangat dangkal  karena hanya berpangkal pada akal kita sebagai manusia). Antara tujuan dan jalan manakah yang harus kita miliki dahulu sebagai manusia? Terus terang saya tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai manakah yang harus dimiliki dan selanjutnya mengimplementasikannya. Toh juga setelah mengetahuinya juga belum tentu kita sanggup untuk berjalan menghadapi semua hal yang berkaitan dengan proses yang harus ditempuh? Antara tujuan dan jalan akan saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Menjadi manusia adalah hanya sebatas menjalani, tidak ada rumusan manakah yang harus pertama dimiliki untuk melanjutkan hidup, toh tuhan juga akan mengerti disetiap niat tulus yang dimiiliki oleh masing masing manusia. Mari kita menjalani kehidupan ini dengan niat tulus atas dasar perintah dari tuhan yang maha esa. Dengan sedikit contoh dan semoga bisa menjadikan pemahaman mejadi lebih mudah, seorang kepala rumah tangga mencari nafkah atas dasar tanggung jawab terhadap keberlangsungan rumah tangga, mulai dari sandang, pangan, papan dan juga pendidikan terhadap anak anaknya.
Konsisiten adalah tetap menjadi semula, tetap menjadi sedia kala, tetap dengan pendirian sebelumnya, tetap teguh dengan pendirian, tetap tangguh dengan cobaan, tetap berjalan walau terasa sulit, tetap tersenyum walau tersakiti. Mengingat akan latar belakang dan dasar dari sebuah alur dan jalan hidup adalah modal utama untuk tetap konsisiten terhadap sesuatu yang sudah dicita citakan. Panggung dunia adalah fana, sesuatu yang pertama kali kita sangka akan membuat kita bahagia dan merasa senang, hanya akan menjadi sebuah cerita lama yang using di gilas oleh ego dan nafsu dunia yang ada dalam diri sendiri. Sesuatu yang tadinya prioritas nomer satu hanya akan menjadi pusaran kambing hitam dikala kita sudah tidak sanggu untuk mencapainya, atau malah dilupakan begitu saja oleh sanjungan dan iming iming dari sesuatu yang lain di waktu tertentu.
Menjadi dewasa dan menjadi diri sendiri adalah prinsip….

Dumai 29/03/2015

Friday, August 15, 2014

PENYEDIA JASA PEKERJA PEMBANGUNAN TOWER

Kebutuhan tower menara yang semakin banyak dibutuhkan juga tenaga tenaga yang handal dan berpengalaman untuk terciptanya suatu bangunan tower menara bts yang sesuai dengan waktu dan komposisinya. Kami dari 86engineering menyediakan tenaga pekerja pembangunan tower menara bts yang sudah berpengalaman dan mampu diandalkan. Adapun jenis pekerjaan yang kami layani meliputi :
1. Tenaga Sipil
2. Tenaga Erector
3. Tenaga Grounding dan ME
Untuk wilayah penyebaranya pembangunan yang kami layani adalah wilayah Jawa, Sumatera dan Bali.

Untuk lebih lanjut bisa menghubungi :
No : 081378638978
Email : ya_andri18@yahoo.com

Terima kasih,

Salam 86E

Wednesday, July 2, 2014

HARI PERTAMA PUASA ( PELAJARAN DARI PAK HASAN )

Tahun dua ribu empat belas, Puasa pertama jatuh pada tanggal 29 Bulan Juni yang bertepatan dengan hari minggu. Terus terang antusias juga tidak begitu, saya sadari tingkat keimanan dan ketaqwaan yang saya miliki masih jauh dari kata taat. 'Niatan' tuhan adalah melebihi apa yang mahluknya pikirkan, banyak jalan dan proses kehidupan yang bisa kita ambil hikmahnya. Sesuatu yang biasa saja berproses adalah terdapat nilai yang sebenarnya sanggup menjadikan kita mendapatkan sesuatu yang bernilai dan bisa menjadi titik balik kita terhadap pandangan hidup kita kepada kehidupan. Puasa pertama saya lalui dilokasi kerja yang mana lokasi kerja berada didaerah terpencil sekali yang mayoritas masyarakatnya beragama kepercayaan leluhur. Kewajiban kerja yang mengharuskan menginap beberapa hari dilokasi kerja adalah tantangan tersendiri bagi saya dan tentunya juga bagi rekan kerja saya yang bernama pak hasan. Ini bukan hal istimewa dan bukan juga hal yang akan saya banggakan, ini hanya refleksi kehidupan sebagai proses yang harus saya jalani, ada berhari hari waktu luang yang saya habiskan dikantor selama 2 bulanan tetapi toh tuhan menghendakinya pada hari pertama puasa saya harus berada dilokasi kerja. Sedikit gambaran pekerjaan dilokasi kerja adalah sebuah pekerjaan pembangunan fisik yang sudah selesai dikerjakan tiga bulanan yang lewat, tetapi karena adanya laporan mengenai kekurangan dari pembagunan tersebut, maka saya sebagai wakil dari kantor supaya turun kelokasi untuk mengecek dan memperbaiki hal hal yang belum sesuai dengan ketentuan. Pada saat itulah saya mencari rekanan yang saya rasa bisa membantu saya  untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilokasi tersebut. Ketemulah pak hasan namanya, umurnya sudah setengah lebih umur normal manusia pada umumnya. Kami berangkat satu hari sebelum hari pertama puasa yaitu pada hari sabtu pagi dan sampai dilokasi kerja pada sore harinya. Pas hari pertama puasa kami harus melakukan saya menyebutnya masih 'kebiasaan' dibulan puasa ( belum menjadi panggilan hati yang tulus dan iklas untuk mengabdi kepada sang khalik ) yaitu tidak makan dan tidak minum. Sebelumnya saya memang sudah mempunyai niatan untuk melakukan yang menjadi kebiasaan dibulan puasa di waktu siang hari yaitu tidak makan dan tidak minum, sedangkan pak hasan masih setengah setengah untuk melakukan ataupun tidak melakukan. Disini bukan mencerminkan ataupun mengartikan perbandingan apakah saya lebih baik dari pada pak hasan, ini hanyalah sebuah awalan niatan yang tentunya didasarkan dengan apa saja pekerjaan yang akan dikerjakan pada siang harinya. Pak hasan ternyata tidak puasa, pagi pagi di hari pertama bulan puasa beliau tidak melakukan ibadah puasa, apakah pak hasan ingkar dengan rukun islam? Apakah pak hasan akan berdosa dan akan 'dimusuhi' oleh tuhan yang maha pengasih? Hanya allah swt tuhan yang maha kuasa yang tahu mengenai hal ini. Logika pikiran saya mengatakan bahwa pak hasan adalah pahlawan keluarga, bandingan untuk melakukan kegiatan ibadah puasa dengan usaha jerih payah dengan melawan terik matahari satu hari penuh dengan keringat bercucuran adalah puasa itu sendiri terhadap keluarga. Pak hasan telah melakukan apa yang sebagai kepala keluarga harus dilakukan, dan beliau telah menghilangkan segala jenis keengganan dan kemalasan untuk mendapatkan nafkah untuk keluarganya. Pekerjaan pak hasan memang membutuhkan tenaga dan kekuatan untuk menyelesaikan pekerjaanya, seharian penuh beliau melawan teriknya matahari dan beliau melakukannya. Puasa bagi beliau adalah urusan kesekian, beliau hanya memikirkan apakah yang bisa dibawanya pulang untuk memberi keluarganya nafkah. Bukan maksud beliau untuk tidak melakukan apa yang disyaratkan oleh agama yaitu berpuasa, tetapi beliau juga melakukan apa yang diperintahkan oleh agama  yaitu menafkahi keluarganya, sudah sekian lamanya bergelut kepada kehidupan, tetapi kehidupan memihak orang lain dalam pemberian rezky, beliau mendapatkan porsi sedikit dalam hal rezky, saya tidak tahu apakah kesalahan / kekeliruan / ujian yang didapatkan beliau selama ini tapi saya mempunyai keyakinan bahwa tuhan punya caranya sendiri dalam menentukan masing masing mahluknya dalam mengarungi kehidupannya. Kembali kemasalah pekerjaan dilokasi kerja, pak hasan melawan panas dan terik, saya rasa ini adalah kesungguhan puasa yang sesungguhnya, saya mempunyai keyakinan bahwa tuhan pasti mempunyai “sudut pandang tersendiri” mengenai apa yang pak hasan lakukan, beda sekali dengan saya yang secara lahiriah melakukan ( saya menyebutnya ) rutinitas di bulan puasa yaitu tidak makan dan minum dalam arti sempit. Dalam arti luas adalah ketiadaan yang saya dapatkan, apakah rutinitas yang saya jalankan mendapatkan nilai atau poin ibadah, sementara saya hanya monitoring pekerjaan pak hasan dan selama seharian sedikit sekali berhubungan dengan terik matahari. Malu sekali dan timpang sekali keimanan dan keteguhan sejati yang saya miliki bila dibandingkan dengan pak hasan lakukan. Pak hasan berani “melawan” rutinitas masyarakat ( saya ) kebanyakan yang dengan benteng pikiran berpuasa melakukan malas malasan dan tidak mau atau menunda pekerjaan yang sudah dibebankan. Pak hasan adalah contoh manusia yang kuat, yang tegar dan yang pastinya bertanggung jawab kepada keluarganya ( yang didalamnya ada istri dan anak2 beliau ). Mudah2an anak dan istrinya dirumah melakukan ibadah puasa karena dari segi kegiatan fisik ( mungkin ) tidak seberat pak hasan lakukan. Tuhan maha adil terhadap segala mahluk yang ada jagad raya, adil bukanlah menyama ratakan, adil adalah porsi yang sesuai dengan kebutuhan dari masing masing mahluk. Tingkatan dari setiap ukuran dari masing masing mahluk adalah berbeda beda menurut proses yang harus dijalani oleh masing masing mahluk. Pelajaran yang bisa saya petik disini dan ini adalah asumsi saya sebagai manusia yang tentunya banyak sekali kekeliruan saya dalam menafsirkan apa apa yang ada didepan mata saya adalah dalam pandangan kasat mata memang pak hasan melakukan kegiatan makan dan minum pada siang hari diwaktu bulan romadhon, padahal wajib hukumnya menurut rukun islam dan tentunya kalau tidak dilakukan akan mendapatkan ganjara dosa, tetapi apakah proses perjuangan seharian melawan teriknya matahari dengan keringat bercucuran dan juga tenaga yang diperlukan adalah banyak adalah sebuah perjuangan mendapatkan rezky? Terima kasih pak hasan, semoga pak hasan selalu dalam semangat dalam menjalani kehidupan dan semoga pak hasan selalu diberi kesehatan untuk selalu mampu menghadapi kehidupan yang keras ini, salam dibulan romadhon ya pak, saya yakin bapak tetap mendapatkan keberkahan dibulan ramadhan ini, bahkan bisa mendapatkan melebihi apa yang saya dapatkan ( sementara saya yg katanya menjalankan tetapi toh Cuma urusan makan minum saja, sementara hal hal lain seperti urusan nafsu, pikiran dan hati adalah lebih kejam dan bahkah tidak ada bedanya dengan hari hari biasanya). Semoga kita masih bisa bertemu kembali dan maaf apabila ada salah dan tutur kata yang kurang berkenan kepada pak hasan, saya hormat dan salut dengan pak hasan, senyum tulus dan kesederhanaan yang pak hasan tunjukan adalah wujud harmony yang sangat tinggi nilainya kepada lingkungan. Saya belajar banyak dari pak hasan.
Semua ulasan isinya adalah pandangan pribadi, mohon maaf bila ada kekeliruan dalam saya membaca kehidupan, dan saya berkeyakinan mengenai apa yang saya baca.


Pekanbaru,02 Juli 2014.

Wednesday, June 11, 2014

BERSAMA DALAM SETIAP LANGKAH


Tuhan punya kuasa dan punya segala cara untuk membuat hambanya melakukan refleksi segala sesuatu hal yang berkaitan dengan hambanya. Setiap hal dan perbuatan yang berhubungan dengan seorang hamba adalah sebuah perwujudan untuk setiap hamba melakukan penilaian atas nilai nilai sari yang terkandung, baik itu yang tersurat maupun yang tersirat.  Ada banyak nilai yang terkandung dari setiap laku seorang hamba sehingga kita bisa menerima pelajaran yang penuh dari setiap itu. Seorang hamba adalah hanya mampu dan bisa merencanakan dan mengimplementasikan setiap proses dari rencana yang sudah disusun. Satu demi satu setiap proses dijalani untuk kemudian mendapatkan titik temu dari sebuah proses tersebut yaitu hasil. Ada banyak kemungkinan hasil yang akan diraih dan dicapai, banyak kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang baik, tidak menutup kemungkinan dan juga malah sangat terbuka hasil yang akan kita capai adalah buruk atau gagal. Hasil baik dan buruk, hasil sukses dan gagal adalah wujud dari sudut pandang kita sebagai manusia biasa, yang hanya meletakkan segala sesuatunya dari oportunitas saja. Selagi segala proses dan juga hasil dari sebuah perjalanan menguntungkan bagi kita sebagai hamba, adalah baik dan sukses yang akan kita claim tentang sesuatu itu. Padahal tuhan punya luasan cara dan jalan sertu lautan arti dan semuanya itu adalah untuk kebaikan. Jalan tuhan untuk hambanya berbeda beda, tuhan maha segalanya dan maha agung dengan segala keluasannya. Sebagai seorang hamba penegasan yang lebih murni dan bukan hanya penegasan tetapi hal yang menjadi latar belakang dari sebuah setiap apapun bersamaan dengan hamba adalah Tuhan yang maha esa, maha segalanya dengan segala isi yang ada dijagad raya. Mengesampingkan sekecil apapun dari tuhan disetiap langkah dan setiap uraian hidup seorang hamba adalah pengingkaran atas kemaha besaran tuhan terhadap jagad raya beserta isinya. Disetiap proses dan langkah adalah adanya tangan2 tuhan yang ikut bercapur membaur mengikuti setiap proses, tuhan tidak membutuhkan kalkulasi sebab akibat, ataupun ada asap pasti ada api, semua yang ada di jagad raya ini termasuk didalamnya ada tingkah polah seorang hamba adalah dalam gengaman tuhan dan dalam monitor tuhan. Satu ditambah satu tidak harus dua, tidak harus ada api untuk mendapatkan asap. Sepenuhnya adalah keinginan tuhan untuk seorang hmabanya.

Perjuangan hidup adalah suci, perjuangan hidup addalah proses, perjuangan hidup adalah berinteraksi, perjuangan hidup adalah menuju ke, perjuangan hidup adalah mendapatkan sesuatu, perjuangan hidup adalah untuk yang terkasih. Perjuangan yang harus diperjuangkan adalah sesuatu yang telah menjadi inti dari semangat hidup jauh jauh hari sebelum seseorang manusia jauh berada di belakang titik start untuk mendapat sesuatu yang diperjuangkan tersebut. Kata kata besar yang membesarkan yang sering diucapkan bahwa jiwa dan raga ini akan sanggup dan akan mampu untuk mendapatkan sesuatu yang diperjuangakan. Sesuatu yang perjuangkan adalah satu kesatuan yang memparipurnakan, seorang hamba adalah menuju yang paripurna. Disaat titik start sudah kita injak, adalah kemauan, daya juang,kemampuan,kecepatan,dan daya tahan ( paling tidak itu dulu ) yang bisa menjadikan kekuatan ( nilai materi ) yang biasa mengantarkan seseorang hamba untuk mendapatkan sesuatu yang diperjuangkan. Mutlak untuk teori materi bahwa hal hal tersebut adalah yang harus dipenuhi unutk tercapainya sesuatu yang diperjuangkan tersebut. Tetapi tuhan tidak tidak pernah meninggalkan seorang hambanya sendiri. Ada nilai lain dari sekedar materi yang ditunjukan kepada seorang hambanya melalui proses dan bentuk2 yang lain yaitu nilai rohani. Salah satunya sebagai contoh adalah nilai empati, sangat besar pengaruh dan mempengaruhi kebijakan tuhan kepada seorang hambanya yang melakukan nilai empati kepada sesama. Tuhan punya cara tersendiri untuk membuat seseorang hamba memdapatkan sesuatu yang diperjuangkan. Menjadikan segala sesuatu ada tangan tangan tuhan yang ikut serta dalam setiap langkah kita dan menjadikan positif thinking setiap keputusan tuhan terhadap diri kita adalah kunci kita memenangkan kehidupan.

Amin…

Pekanbaru,11 Juni 2013

Friday, May 9, 2014

PEKERJAAN PONDASI TOWER BTS

Pengecoran pondasi bts_raff foundation
Sebelumnya kita telah membahas mengenai titik awal rfc (ready for contructions) dari pembangunan tower menara bts, langkah selanjutnya adalah day by day melakukan setiap urutan pekerjaan hingga terselesaikannya pembangunan. Bekali para pekerja hal hal vital yang tidak boleh dilanggar mengenai spek pekerjaan dan terutama juga dari segi kwalitasnya. Hal ini penting untuk memastikan pekerjaan yang akan dihasilkan adalah benar benar sesuai dengan umur rencana yang direncanakan dan juga sebagai kontraktor pelaksana digunakan untuk meminimalisir tidak diterimanya hasil pekerjaan oleh owner. Apabila pekerjaan yang sudah jadi dan siap untuk diserah terimakan oleh owner tetapi dalam hal ini dikarenakan mutu dan kwalitas bangunan yang sudah kita bangun tidak sesuai dengan spek yang ditentukan maka akan menjadi kerugian yang besar bagi kontraktor dikarenakan harus melakukan perbaikan/perkuatan/pembongkaran sesuai dengan permintaan owner.
Berikut hal hal yang diperlukan dalam pekerjaan pondasi pembangunan tower menara bts :
1.      Galian tanah, Sangat penting yang pertama dilakukan dalam hal pengalian tanah adalah menentukan level nol dari pembangunan tower bts. Dengan menentukan level nol maka level kedalaman dan ketinggian yang berhubungan dengan tinggi pedestal dan slof pagar bisa sesuai dengan gambar yang direncanakan. Untuk galian pondasi sangat bergantung pada jenis tanah lokasi pembangunan tower bts, tanah keras akan sangat membutuhkan ekstra tenaga manual yang lebih banyak dan juga jumlah hari yang relative banyak juga. Tetapi untuk tanah yang keras jarang sekali mengalami longsoran tanah beda sekali dengan tanah lunak atau lembek bahkan jenis tanah rawa ataupun gambut.
Untuk pondasi jenis raff jumlah volume galian pondasinya tentunya jauh lebih besar karena galian yang kana kita gali seperti kolam dengan ukuran tertentu. Akan lebih mudah apabila didaerah lokasi pembangunan tower bts ada alat berat guna mempermudah pengalian pondasi, tentunya akan lebih menghemat waktu dan tentunya juga harus nilai keekonomisannya. Pastikan kedalaman galian sesuai dengan gambar rencana supaya kekuatan rencana bangunan tower bisa terpenuhi, dan mengenai urusan pondasi tidak boleh bermain main dengan ukuran, spek, dan kwalitasnya.
Untuk jenis pondasi borepile, jumlah volume galian pondasi lebih kecil dibandingkan  dengan tipe pomdasi raff, karena pondasi hanya berbentuk pad yang biasanya berbentuk persegi panjang dan dihubungkan H beam antar satu pad dengan yang lainnya.
2.      Lantai kerja, Hal ini dimaksudkan supaya menahan daya angkat dari bawah dan juga untuk mempermudah pekerjaan perakitan pembesian besi pondasi bangunan tower bts. Dengan adanya lantai kerja kebersihan area pondasi bangunan dapat dijaga sehingga mutu dan kwalitas dari pondasi bangunan tower bts bisa terjaga.
Untuk tebal lantai kerja terdiri dari dua lapis yaitu sebaran pasir kurang lebih 10 cm dan diatasnya diberi concrete dengan ketelabalan sekitar 5 cm. pastikan untuk langkah pekerjaan selanjutnya yang berhubungan dengan lantai kerja supaya memastikan sudah kering.
3.      Bekisting, Pekerjaan ini berguna untuk mendapatkan volume dan area luasan pondasi sesuai dengan gambar rencana. Bekisting untuk pembangunan tower bts masih mengunakan material pada umumnya yang digunakan pada pembangunan yang lainnya yaitu mengunakan material kayu, apakah itu papan atau triplek. Pemilihan dua material tersebut adalah sesuai dengan kebutuhan dan juga nilai keekonomisan dari pembangunan tower bts.
Pastikan bekisting yang terpasang kuat dalam menopang atau menahan concrete pada saat proses pengecoran dilakukan. Diperlukan penopang2 disamping kanan dan kiri sisi bekisting supaya bekisting benar benar dalam kondisi yang kokoh.
4.      Perakitan besi / Rebaring, Yang perlu diperhatikan sebelum perakitan besi ini dilaksanakan adalah bahwa lantai keja sudah dalam keadaan kering dan dalam kondisi bersih dari lumpur atapun material yang lainnya yang akan menganggu perkerjaan rebaring atau malah akan mengurangi kwalitas pondasi yang akan kita bangun. Dalam proses rebaring / perakitan besi dilakukan didalam area pondasi nya dan terebih dahulu untuk mendapatkan selimut beton disisi bawah pondasi supaya diberi balok tahu sesuai dengan spek yang ada pada gambar rencana. Untuk pengikatan besi sengkang dengan besi tulangan tidak perlu setiap titik pertemuan diikat semua, cukup diikat dengan sisitem silang dengan diberi jarak jeda satu titik pertemuan. Hal ini tidak akan mengurangi hasil dari kwalitas pondasi yang terbangun, hal ini dimaksudkan untuk pasangan besi yang sudah terinstal dapat menyesuaikan pada saat concrete tercurah pada saat proses pengecoran. Dan juga sedikit banyaknya mengurangi kebutuhan kawat ikat yang dibutuhkan dalam pembangunan tower bts.
5.      Pengecoran, hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pengecoran dimulai adalah
a.       Kondisi lantai kerja dalam keadaan bersih dari lumpur dan juga usahakan air tidak mengenang, apabila muka air tanah tinggi dan debit air sangat banyak usahakan untuk mengunakan mesin air untuk mengurasnya.
b.      Siapkan alat2 kerja yang dibutuhkan dalam proses pembangunan tower bts, hal ini diperlukan guna mendukung proses pengecoran tidak terhenti dikarenakan alat kerja yang digunakan mengalami kerusakan. Jangan sampai proses pengecoran pondasi berhenti ditengah jalan dalam waktu yang lama.
c.       Siapkan material yang dibutuhkan untuk pengecoran pondasi bts cukup sampai pekerjaan selesai.
d.      Pastikan pekerja memadai untuk menghandel pekerjaan pengecoran, apalagi kalau pengecoran mengunakan site mix dengan bantuan molen pastinya dibutuhkan tenaga pekerja yang lumayan banyak.
6.      Pembongkaran bekisting, pengurugan dan pemeliharaan beton,
Untuk ini akan dibahas pada tulisan selanjutnya dan mohon diingatkan.

Demikian yang bisa dishare, mohon tambah kurangnya untuk menambah pembendarahaan ilmu.

Pekanbaru, 09/05/2014….



Wednesday, May 7, 2014

TAHAPAN PEMBANGUNAN TOWER BTS_RFC

Tidak selalu mulus setiap rencana yang sudah disiapkan, ada saja hal hal diluar dari perkiraan kita. Salah satunya dalam pembangunan tower menara bts.  Awal waktu yang sudah ditentukan sebagai awal dari penentuan hari rfc ( ready for contructions) menjadi hari yang kosong belaka. Perencanaan yang seharusnya menjadi awal pembangunan tower menara bts menjadi hanya opening site semu yang hanya datang berkunjung ke lokasi tersebut tanpa adanya pekerjaan pembangunan tower menara bts. Berikut beberapa yang perlu direncanakan dengan cermat agar proses rfc ( ready for contruction ) sesuai dengan schedule adalah persiapan yang matang dan memastikan semua kebutuhan yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan harus sudah fix.  Berikut hal hal yang perlu dipersiapkan dan dipastikan keberadaaanya supaya rfc ( ready for contructions ) berjalan sesuai schedule :
1. Kooordinat titik lokasi beserta alamat dan juga pemilik lahan yang mau dibangun, pastikan nomer telepon owner yang bersangkutan sudah dimiliki dan sebaiknya sudah dihubungi 2 atau 3 hari sebelumnya.
2. Para pekerja, apakah akan memakai mandor atau akan memperkerjakan tukang dan anggota kerja yang lainnya. Pilihan salah satu dari dua pilihan itu masing masing punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Setiap pilihan yang dipilih adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan dalam hal ini.  Perlu diperhatikan juga untuk masalah ini supaya melibatkan warga sekitar untuk ikut dalam pembangunan tower menara bts didaerahnya, hal ini dimaksudkan supaya tidak ada implikasi2 sosial dikarenakan kecemburuan social. Libatkan masyarakat sekitar pada segmen2 pekerjaan yang tidak menuntut keahlian yang tinggi.
3. Material yang akan digunakan, tentunya untuk mendapatkan material bisa on site pada hari yang ditentukan harus diprepare dari awal supaya tidak menyebabkan delaynya pekerjaan. Perlu dilakukan survey dahulu apakah dilokasi tempat pembangunan tower menara bts ada material yang diperlukan untuk pembangunan atau tidak? Kalau tidak ada sebagai alternative kedua dan ketiga supaya dicarikan tempat tempat penjuang material bangunan. Hal ini dimaksudnya untuk mendapatkan beda harga antar satu toko material dengan yang lainnya supaya bisa mendapatkan nilai ekonomis yang tinggi. Pastikan material onsite pada saat waktu rfc ( ready for contructions ) dan jangan lupa untuk memastikan material yang disorder sesuai dengan spek yang ditentukan dan juga jumlah material yang diorder onsite sesuai dengan pesanan dalam hal kubikasi ataupun jumlahnya.
4. Alat kerja, Pastikan alat2 kerja yang akan digunakan supaya sudah ready dan dalam kondisi yang bagus serta layak pakai, supaya dalam pengunaanya tidak terkendalan oleh adanya kerusakan2 alat kerja tersebut. Hal ini penting diperhatikan supaya efektifitas waktu kerja dapat maksimal sehingga schedule kerja yang direncakan dapat tercapai.
5. Sosialisai, Pada awalnya kita memulai sesuatu dan mendatangi suatu tempat unutk pertama kali tentunya saling sapa dan mengutarakan maksud dan tujuannya serta menjelaskan kepada masyarakat sekitar ( apabila diperlukan ) supaya informasi ter share dengan baik  dengan warga sekitar. Pastikan dengan perangkat desa ataupun pemuda setempat untuk menginformasikan bahwa akan dimulainya pembangunan tower menara bts ( hal ini tentunya jauh jauh hari pastinya sudah disosialisaikan oleh tim pembebasan lahan ).
Pada tahapan inilah titik awal pembangunan tower menara bts dimulai, banyak hal diluar prediksi yang akan menghampiri, apalagi budaya dan social dimasyarakat disetiap daerah berbeda beda. Hal ini tentunya sedikit banyak juga menyumbang problematic dalam pembangunan tower menara bts. Tetapi pada intinya kalau informasi terjalin dengan baik dan niat bagus dari awal pastinya semuanya akan baik baik saja.
Khusus untuk pembangunan tower menara bts didaerah yang lumayan jauh dari kota adalah menjadi tantangan sendiri dalam melakukan persiapan segala sesuatunya, sebagai salah satu contoh untuk membeli satu sendok semen yang harganya hanya Rp 10.000,- harus menempuh perjalanan yang berjam jam dan berkilo dengan ongkos perjalanan yang tidak sebanding. Maka dari itulah perencanaan yang matang serta intuisi mengenai peluang kemungkinan kemungkinan yang perlu di prepare dari awal.

Demikian yang dibisa dishare, mohon tambah dan kurangnya untuk menambah pembendaharaan ilmu.


Pekanbaru,07/05/2013

Tuesday, May 6, 2014

VERTIKALITY TOWER BTS


Verticality tower bts
Sebuah rangkaian baja dengan profile tertentu yang disusun dari bawah keatas dengan ketinggian tertentu sementara rasio perbandingan Antara jarak antar tiang dengan tinggi rangkaian profile tersebut harus membutuhkan titik center untuk mendapatkan keseimbangan dari benda tersebut. Sebuah bangunan terutama tower dengan ketinggian tertentu akan memeperoleh keseimbangan struktur apabila level disetiap ketinggian section disetiap plat sambung per tiang mempunyai level ketinggian yang sama dan semakin keatas disetiap perubahannya adalah sama. Cara untuk mendapatkan level disetiap section mengunakan alat kerja yang sering kita sebut dengan theodolite. Dengan bantuan alat ini kita dapat mendapatkan nilai yang sangat akurat, tentu saja dengan standart operation alat tersebut. Alat ini juga bisa digunakan untuk menentukan ketegakkan tower yang sangat akurat, tentunya dengan pengoperasian alat yang benar, berikut langkah – langkah guna mengetahui ketegakkan menara tower :
1   1. Buka dan posisikan alat theodolite disalah satu sisi penampang tower, atur jarak penempatan Antara kaki theodolite dengan sisi penampang tower, usahakan cari jarak yang sesuai dan memudahkan kita dalam mengambil objek.
2   2. Posisikan alat theodolite pada ketinggian sesuai dengan kemudahan kita sebagai pengambil objek/ penguna alat, usahakan jangan terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.
3   3. Ikat unting unting dengan tali sepanjang 1.5 meter dan ikatkan ujung tali ke baut ass plat sambung tengah ( penghubung antar diagonal atau penghubung bracing ), ikat unting unting, dan biarkan unting unting bergelantung. Pastikan untuing unting dalam keadaan diam tanpa ada goyangan.
4   4.  Lanjut kealat theodolite kembali, atur posisi alat theodolite dalam keadaan tegak lurus dan pastikan letak titik as theodolite satu garis lurus dengan tali unting unting dengan baut as plat sambung diposisi sisi belakangnya. Pada tahap inilah hasil pengukuran kita akan ditentukan, dibutuhkan ketelitian dan pemahaman yang tinggi mengenai alat theodolite, kesalahan dalam pengaturan alat dan kekurangan telitian pada tahapan ini akan sangat menentukan tingkat keakuratan hasil pengukuran kita. Pastikan pada langkah ini untuk mengulang dan mengecek dan meminta rekan untuk sama sama mengeceknya.
5   5. Setelah langkah ke 4 selesai, dilanjutlkan dengan mengarahkan alat theodolite kita kea rah baut as plat sambung pada section paling bawah, setelah itu didapatkan dilannjutkan dengan mengunci horizontalnya, kemudian mengarahkan alat teropong ke baut as plat sambung yang paling atas. Pada proses terakhir ini sudah bisa didapatkan apakah ada nilai kemiringan pada tower tersebut. Apabila titik tengah dari teropong masih diarea baut as plat sambung section paling atas bisa dipastikan kemiringan tower bts tersebut masih dalam tahapan toleransi. Apabila ada space jarak terhadap baut as plat sambung disection paling atas, langkah langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara membuka horizontal dari alat theodolite tersebut dan kemudian mengarahkan teropong alat tersebut ke baut as plat sambung nya. Setelah itu kunci kembali horizontal alat tersebut dan dilanjutkan dengan mengarahkan teropong theodolite ke baut as plat sambung section paling bawah, kemudian mengunakan meteran ukur jarak Antara titik yang dihasil dari alat dengan baut as plat sambung tersebut. Jarak inilah yang disebut dengan jarak kemiringan, pastikan apakah jarak tersebut masih masuk kedalam toleransi kemiriangan sebuah tower, disetiap tower dengan ketinggian tertentu akan mengahasikan tingkatan toleransi yang berbeda beda.
6  6. Untuk mendapatkan nilai perubahan kemiringan disetiap sectionnya adalah dengan mendapatkan sudut disetiap section yang menjadi patokannya, untuk mendapatkan sudut disetiap section tentunya masih mengunakan alat yang sama yaitu theodolite. Per sisi penampang tower harus di ukur dua titik yang sama disetiap section yaitu titik kiri dan titik kanan. Lakukan langkah ini disetiap sectionnya dari bawah sampai atas untuk mendapatkan perubahan kemiringan disetiap sectionnya.
7   7. Lakukan Langkah dari satu sampai dengan enam disetiap sisi penampang tower yang berjumlah empat sisi.
8   8. Langkah terakhir setelah semua sisi dilakukan pengukuran adalah dengan cara analisa hasil dan melakukan revisi ketegakan menara tower dengan cara menaikan ataupun menurun baseplat sesuai kebutuhan mengacu dari hasil analisa pengukuran.

Demikian yang bisa dishare, semoga bisa bermanfaat dan mohon tambah kurangnya untuk menambah ilmu yang dimiliki.


Pekanbaru, 06 Mei 2014.

Sunday, May 4, 2014

RENUNGAN

Ternyata semua hal yang ada dalam hidup kita adalah titipan dari tuhan yang maha kuasa. Seharusnya tidak ada kesombongan pada diri kita, karena semua hal yang berkaitan apa yang dimiliki kita hanyalah titipan dari tuhan. Alangkah memalukan sebagai diri kita yang dititipi oleh tuhan ( barang titipan akan diambil sewaktu waktu ) melakukan kesombongan dengan cara membangga banggakan apa yang ada dalam diri kita. Tuhan pasti tersenyum simpul ( entah positif atau negative ) melihat tingkah laku kita yang tidak tahu diri. Menjaga amanah adalah yang seharusnya dan menjadi sesuatu yang harus dilatih setiap saat. Bagaimana cara menjaga amanah dari titipan yang sudah dititipkan ?
Setelah sekian lama adalah gersang, hal yang tidak memberikan nilai tambah pada nilai jiwa dan kalbu, bahkan seolah olah semakin berkurang apa yang seharusnya dimiliki ileh seorang insan manusia. Keteduhan hati, keluasan pikiran, keoptimisan langkah dan sebaik baiknya berinteraksi kepada tuhan. Hal hal tersebut yang saya sendiri rasakan semakin menjauh dari nilai2 yang saya sebutkan diatas.  Banyak alasan untuk pembenaran yang saya punyai untuk menjelaskan kepada diri saya, bahwa saya patut melakukan itu dengan kondisi yang saya punya sekarang ini. Semakin saya membela diri semakin saya akan menjauhkan diri dari nilai sejati dari seorang manusia, alangkah kerasnya saya sebagai manusia ini. Materi dan materi yang saya kejar, sementara kelihatan pun tidak apa yang saya kejar. Hanya imaginasi semu sebagai pembenaran untuk saya mengejar, padahal itu semua adalah kosong.  Hal sia sia yang saya ingini dan saya capai berjalan di jalan yang semu dan bodohnya saya adalah itu yang paling benar.
Setelah sekian lama tidak melakukan kegiatan tulis menulis ini, hampir satu tahun lebih kegiatan ini saya tinggalkan karena banyak alasan. Seribu alasan yang saya jadikan pembenaran.
Benarkah apa yang saya jalani selama setahun belakang ini ?
Saya pastikan apa yang saya jalani adalah hal terburuk yang saya jalani sebagai manusia…
Hati yang keras, jiwa yang kosong, negative thingking, oportunis, hedonis, egois, iri dan ketergantungan dengan pihak lain. Dan saya rasakan saya lebih parah dari pada itu.
Harus sampai kapan??
Dimana letak nilai yang pernah tertanam dimasa2 berproses dulu, sesuatu yang sudah menjadi nilai lihhur dan menjadi acuan unutk melangkah. Dulu sosok yang menjadi kebanggaan untuk diri sendiri, krativitas dan daya juang yang kuat adalah hal yang menjadi keseharian. Tak mengenal lelah adalah saat mencari sisa sisa rejeki dari tuhan yang belum sampai di genggaman. Tak mudah putus asa adalah kerjaan yang membutuhkan tantangan adalah dari situ didapatkan.
Masih ada waktu…
Empat mei dua ribu empat belas, 1 tahun tiga bulan saya ditempat yang penuh dengan keegoisan berorietasi dengan materi dengan kekosongan jiwa dan kalbu.

Salam.

Pekanbaru,