Wednesday, May 7, 2014

TAHAPAN PEMBANGUNAN TOWER BTS_RFC

Tidak selalu mulus setiap rencana yang sudah disiapkan, ada saja hal hal diluar dari perkiraan kita. Salah satunya dalam pembangunan tower menara bts.  Awal waktu yang sudah ditentukan sebagai awal dari penentuan hari rfc ( ready for contructions) menjadi hari yang kosong belaka. Perencanaan yang seharusnya menjadi awal pembangunan tower menara bts menjadi hanya opening site semu yang hanya datang berkunjung ke lokasi tersebut tanpa adanya pekerjaan pembangunan tower menara bts. Berikut beberapa yang perlu direncanakan dengan cermat agar proses rfc ( ready for contruction ) sesuai dengan schedule adalah persiapan yang matang dan memastikan semua kebutuhan yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan harus sudah fix.  Berikut hal hal yang perlu dipersiapkan dan dipastikan keberadaaanya supaya rfc ( ready for contructions ) berjalan sesuai schedule :
1. Kooordinat titik lokasi beserta alamat dan juga pemilik lahan yang mau dibangun, pastikan nomer telepon owner yang bersangkutan sudah dimiliki dan sebaiknya sudah dihubungi 2 atau 3 hari sebelumnya.
2. Para pekerja, apakah akan memakai mandor atau akan memperkerjakan tukang dan anggota kerja yang lainnya. Pilihan salah satu dari dua pilihan itu masing masing punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Setiap pilihan yang dipilih adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan dalam hal ini.  Perlu diperhatikan juga untuk masalah ini supaya melibatkan warga sekitar untuk ikut dalam pembangunan tower menara bts didaerahnya, hal ini dimaksudkan supaya tidak ada implikasi2 sosial dikarenakan kecemburuan social. Libatkan masyarakat sekitar pada segmen2 pekerjaan yang tidak menuntut keahlian yang tinggi.
3. Material yang akan digunakan, tentunya untuk mendapatkan material bisa on site pada hari yang ditentukan harus diprepare dari awal supaya tidak menyebabkan delaynya pekerjaan. Perlu dilakukan survey dahulu apakah dilokasi tempat pembangunan tower menara bts ada material yang diperlukan untuk pembangunan atau tidak? Kalau tidak ada sebagai alternative kedua dan ketiga supaya dicarikan tempat tempat penjuang material bangunan. Hal ini dimaksudnya untuk mendapatkan beda harga antar satu toko material dengan yang lainnya supaya bisa mendapatkan nilai ekonomis yang tinggi. Pastikan material onsite pada saat waktu rfc ( ready for contructions ) dan jangan lupa untuk memastikan material yang disorder sesuai dengan spek yang ditentukan dan juga jumlah material yang diorder onsite sesuai dengan pesanan dalam hal kubikasi ataupun jumlahnya.
4. Alat kerja, Pastikan alat2 kerja yang akan digunakan supaya sudah ready dan dalam kondisi yang bagus serta layak pakai, supaya dalam pengunaanya tidak terkendalan oleh adanya kerusakan2 alat kerja tersebut. Hal ini penting diperhatikan supaya efektifitas waktu kerja dapat maksimal sehingga schedule kerja yang direncakan dapat tercapai.
5. Sosialisai, Pada awalnya kita memulai sesuatu dan mendatangi suatu tempat unutk pertama kali tentunya saling sapa dan mengutarakan maksud dan tujuannya serta menjelaskan kepada masyarakat sekitar ( apabila diperlukan ) supaya informasi ter share dengan baik  dengan warga sekitar. Pastikan dengan perangkat desa ataupun pemuda setempat untuk menginformasikan bahwa akan dimulainya pembangunan tower menara bts ( hal ini tentunya jauh jauh hari pastinya sudah disosialisaikan oleh tim pembebasan lahan ).
Pada tahapan inilah titik awal pembangunan tower menara bts dimulai, banyak hal diluar prediksi yang akan menghampiri, apalagi budaya dan social dimasyarakat disetiap daerah berbeda beda. Hal ini tentunya sedikit banyak juga menyumbang problematic dalam pembangunan tower menara bts. Tetapi pada intinya kalau informasi terjalin dengan baik dan niat bagus dari awal pastinya semuanya akan baik baik saja.
Khusus untuk pembangunan tower menara bts didaerah yang lumayan jauh dari kota adalah menjadi tantangan sendiri dalam melakukan persiapan segala sesuatunya, sebagai salah satu contoh untuk membeli satu sendok semen yang harganya hanya Rp 10.000,- harus menempuh perjalanan yang berjam jam dan berkilo dengan ongkos perjalanan yang tidak sebanding. Maka dari itulah perencanaan yang matang serta intuisi mengenai peluang kemungkinan kemungkinan yang perlu di prepare dari awal.

Demikian yang dibisa dishare, mohon tambah dan kurangnya untuk menambah pembendaharaan ilmu.


Pekanbaru,07/05/2013

No comments: