Wednesday, January 30, 2013

The Last Time

Adalah Naluri setiap insan manusia untuk bertahan dari semua hal yang ada di bumi ini. pasti ada yang namnya perpisahan yang tak bisa kita elakkan di suatu hari. ada banyak pertimbangan disaat kita harus memutuskan sesuatu hal yang namanya perpisahan. Hal hal yang pernah menajdi bagian entah itu teman yang selalu bersama, monitor yang selalu di pantengin atau banyak hal mengenai rekanan yang saling adu argument untuk sebuah hal yang kita yakini benar adanya. memang menjadi keharusan semuanya untuk menjadi masa lalu yang tidak mungkin kita lupakan. setiap proses akan menjadi bagian penting dalam setipa langkah seorang manusia. entah itu buruk menurutnya ataupun baik menurutnya, semuanya akan menjadi hal yang akan mendewasakan kelak di kemudian hari dan akan menjadi berguna di lain waktu. selamat tinggal dan jabat tangan erat akan mengawali salam perpisahan yang akan segera terjadi. "semoga betah disini dan akan semakin maju dimasa yang akan datang", jawabnya " semoga kamu juga akan mendapakan yang terbaik ditempat yang baru, jangan segan segan untuk main kesini ". Tak ada air mata yang keluar, karena memang tak ada kesedihan yang terjadi. persoalan yang memang seharusnya terjadi untuk membenturkan nasib selama ini akan menjadi proses baru dikemudian hari. semuanya akan baik baik saja dan akan menjadi yang terbaik dimasanya.
Ada yang namanya jalan bebas kita dalam memilih sesuatu, ada hal yang patut menjadi pilihan yang menurut kita adalah jalan yang akan memudah kan kita di masa yang akan datang. tak ada pembanding yang bisa di miliki sebagai bahan referensi apakah kehidupan dimasa depan adalah kehidupan yang mulus yang akan mempermudah kita dalam melangkah, salah satu yang terbaik untuk masa depan adalah " ya, saya berani dengan semua ini". hal yang menurut saya adalah sebuah motivasi tertinggi untuk mensugesti diri sendiri tentang keadaan yang harus dijalani. adalah bermanfaat untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri (kalau seandainya dalam masa single). menurut hal yang indah adalah hal yang menjadi tantangan dimasa kini untuk mendapatkan dimasa yang akan datang. memberi perhatian dan fokus tentang hal ini adalah hal mutlak yang mesti diberi ruang lebih untuk sebuah hal yang besar. tak berhenti hanya dipikiran, semuanya butuh keringat unutk mewujudkan sesuatu hal itu.

The last time for plan at my office.
PKU 30/01/2013

Tuesday, January 29, 2013

Pemodelan Tower BTS dengan Autocad dan SAP2000


Secara garis besar output yang dihasilkan dari perhitungan pembebanan menjadi input pada SAP 2000 V 14 dan selanjutnya dilakukan perhitungan struktur tower itu sendiri (preliminary) dan mengacu pada standart PPBBI 1984 dan SNI 03-1729-2002. (sebagai kontrol) Beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi struktur menara secara keseluruhan untuk menentukan stabilitas menara adalah puntiran (twist), goyangan (sway) dan perpindahan (displacement). Puntiran adalah perputaran sudut dari jalur pancaran antenna pada bidang horizontal dari posisi tanpa beban angin pada ketinggian tertentu. Goyangan adalah perputaran sudut dari jalur pancaran antenna pada bidang vertical dari posisi tanpa beban angin pada ketinggian tertentu. Perpindahan adalah pergerakan horizontal dari sebuah titik relative terhadap posisi tanpa beban angin pada ketinggian tertentu. Puntiran dan goyangan struktur menara secara keseluruhan akibat pembebanan yang terjadi tidak boleh melebihi 0.5 derajat, sedangkan perpindahan yang terjadi tidak boleh melebihi nilai h/200, dimana h adalah ketinggian total menara tanpa peralatan. (TIA/EIA-222-F Standart, 1996)
          Toleransi analisis dan design adalah :
a. Twist/ Puntiran = 0,5 °
b. Sway/Goyangan = 0,5 °
c. Displacement Horisontal/Perpindahan = H / 200 (H = tinggi tower)
d. Perbandingan tegangan < 1

Untuk info lebih lanjut, Hubungi kami di,
86 ENGINEERING  dan Konsultan
Base Camp Jl Dagang No 15 Sukajadi Pekanbaru
Email : ya_andri18@yahoo.com atau andri3_book@yahoo.co.id
Tlp : 081378638978



Monday, January 28, 2013

Beban Mati Pada struktur Menara BTS


Beban mati terdiri dari : berat sendiri tower, berat antenna, berat tangga dan bordes.
1.Beban sendiri tower adalah berat yang tergantung dari jenis profil yang digunakan dalam perencanaan struktur tower tersebut. Berat ini secara otomatis akan dihitung sendiri dalam program bantu SAP2000 V14.
2.Beban antenna adalah berat tambahan yang dibebankan pada struktur tower. Berat dari antenna ini sendiri tergantung dari jenis dan jumlah antenna yang terpasang. Secara umum antenna pemancar yang biasa digunakan untuk tower komunikasi ada dua macam yaitu antenna jenis solid dan grid. Dengan parameter diameter yang sama, antenna jenis solid mempunyai berat yang lebih besar daripada jenis grid.
3.Beban tangga adalah berat yang juga diperhitungkan dalam struktur tower ini. Perencanaan beban tangga untuk menara tower mempunyai persyaratan yaitu untuk menara tower dengan tinggi lebih dari 50 ft (15 meter), harus tersedia tangga sebagai tempat istirahat. Untuk jarak (spasi) antara anak tangga minimum 12 inci (30,48 cm) dan maksimum 16 inci (40,64 cm), serta mempunyai lebar bersih tangga minimum 12 inci (30,48 cm). Menurut peraturan EIA/TIA, 13. 2. 2.
4.Beban bordes juga diperhitungkan dalam struktur tower ini. Perencanaan beban bordes ini berfungsi sebagai tempat istirahat sementara untuk para pekerja. Beban bordes yang bekerja pada menara tower adalah sebesar 67 kg. Menurut peraturan EIA/TIA, 13. 2. 5.