Saturday, March 17, 2018

BELAJAR AUTOCAD – FUNGSI ARC

Bagaimana sih caranya membuat garis lengkung di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat setengah lingkaran di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat lengkungan di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat busur lingkaran di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat busur lingkaran atau garis lengkung di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat lengkungan seperti busur lingkaran di autocad ?

Dalam belajar autocad, didalam program software autocad ada fungsi / patern untuk membuat garis lengkung yang menyerupai busur lingkaran atau seperempat lingkaran, sebagai contoh digunakan untuk mengambar sebuah kongliong sebuah bangunan. Fungsi didalam autocad ini sudah built in dan bisa diakses langsung untuk mendapatkan bentuk garis lengkung sesuai dengan ukuran dan kebutuhan kita.

Untuk fungsi / patern diatas pada contohnya, apabila kita membuat sebuah potongan / view sebuah rumah, ada beberapa bagian rumah yang berbentuk lengkungan / seperempat lingkaran seperti pada kongliong rumah dan pada simbol pintu pada denah sebuah rumah, maka fungsi ini sangat cocok digunakan sesuai dengan ukuran dan dimensi yang dibutuhkan. Akan sangat sulit apabila kita tidak mengunakan fungsi / patern ini, dan kita masih manual mengunakan fungsi line/garis, kita akan mengalami kendala dan mungkin malah tidak bisa sesuai bentuk yang kita harapkan. Maka dari itu didalam software autocad sudah ada fungsi / patern untuk mempermudah kita dalam mendesain sesuatu bentuk yang mengharuskan kita membuat garis lengkung / busur lingkaran.

Fungsi tersebut adalah ARC.

Fungsi arc didalam software autocad mempunyai peran yang sangat fital karena tidak bisa diwakilkan mengunakan fungsi/fungsi lain, seperti pada contoh2 pembuatan lengkungan/busur lingkaran yaitu pada beberapa bagian rumah yang berbentuk lengkungan / seperempat lingkaran seperti pada kongliong rumah dan pada simbol pintu pada denah sebuah rumah, maka fungsi ini sangat cocok digunakan sesuai dengan ukuran dan dimensi yang dibutuhkan. Akan sangat sulit apabila kita tidak mengunakan fungsi / patern ini, dan kita masih manual mengunakan fungsi line/garis, kita akan mengalami kendala dan mungkin malah tidak bisa sesuai bentuk yang kita harapkan. Maka dari itu didalam software autocad sudah ada fungsi / patern untuk mempermudah kita dalam mendesain sesuatu bentuk yang mengharuskan kita membuat garis lengkung / busur lingkaran.

Adapun langkah langkah dalam mengakses ARC adalah sebagai berikut ini :

1. Berdoa adalah langkah pertama yang harus kita tempuh dalam mengawali setiap tujuan, semoga tuhan selalu bersama kita.
2. Draw + arc dan pilih salah satu dibawah ini :
  • 3 Poin ( Klik pointer dititik yang berbeda sebanyak 3 kali , masing 2 titik akan menjadi titik awal – titik tengah ( center lengkung ) – titik akhir )
  • Start, Center, End ( Klik pointer dititik yang berbeda sebanyak 3 kali, masing 2 titik akan menjadi titik awal – titik tengah ( center lengkung ) – titik akhir )
  • Start, Center, Angle ( Klik pointer 2 kali di titik yang berbeda, kemudian diikuti sudut yang diinginkan untuk membentuk sebuah lengkungan ( misal ketik 90 ° )
  • Star, Center, Length ( Klik pointer 2 kali di titik yang berbeda, kemudian diikuti panjang lengkungan yang diinginkan untuk membentuk sebuah sudut tertentu ( misal ketik 50 )
  • Dan masih banyak lagi default fungsi yang ada dalam software autocad.
3. Untuk cara cepatnya dengan ketik ARC + ENTER, Kemudian ikuti langkah poin 2
4. Langkah terakhir dari rangkaian proses diatas adalah Bersyukur atas apa yang sudah dicapai, apapun itu adalah sebuah tahapan belajar dan proses yang harus dilalui sebagai seorang pembelajar. Semoga tidak berpuas dengan uraian yang ada diatas, secuil pengetahuan yang didapatkan dari uraian diatas, usaha lebih + effort lebih + explore yang banyak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri tentunya akan berimbas kepada keluarga + saudara + teman + tetangga. Entah itu imbas yang positif ataupun imbas negative, semoga kita selalu berada dijalan allah swt dan selalu mendapat lindungan dari allah swt. Amin.

Untuk fungsi arc masih banyak formula formula yang bisa kita gunakan dan bisa kita explore untuk kemudahan kita mengunakan software autocad. Sehingga mencoba dan mencoba untuk mengupas lebih dalam lagi manfaat apa saja yang ada di fungsi arc.

Mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi arc.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia.

Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Untuk bagi yang masih pemula, belajar autocad adalah hanya butuh keseriusan untuk tetap tahan dan tahan dengan cara / proses yang masih belum ketemu.

Andriyadi, 17/03/2018

No comments: