Saturday, July 11, 2020

PERENCANAAN SEBUAH RUMAH

Pilihan untuk mempunyai rumah sendiri pada saat ini adalah hal yang sangat menjadi idam idaman setiap pasangan yang baru saja menikah. rencana rencana besar mengenai tujuan dari kehidupan, mau menjadi seperti apa hidup ini akan dijalani akan menjadi tanggung jawab diri sendiri. hari ini adalah perwujudan dari iktiar masa lalu dan perjuangan dimasa lampau dengan hubungannya merengek kepadda tuhan supaya apa yang menjadi tujuan dan cita citanya bisa terkabul.
kembali kepada tujuan mempunyai sebuah rumah yang adaptable, ukuran bisa menjadi kriteria dan area juga bisa menjaid kriteria. semua unsur yang terlibat maupun yang tidak terlibat langsung, baik itu yang bersifat materi maupun yang non materi juga sebaiknya diperhitungkan dalam membangun sebuah rumah. untuk yang bersifat materi, sebagai contoh ukuran / dimensi, pastilah kita harus memperhitungkan rencana jangka panjangnya sebelum luasan yang kita inginkan akan dibuat. dipadukan dengan lahan yang kita miliki serta kebutuhan saat ini dengan kebutuhan jangka menengah dan kebutuhan jangka panjang, di padukan dengan modal yang saat ini dimiliki untuk membangun sebuah rumah yang adaptif.

Pokok dari sebuah rumah seharusnya mempunyai ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi dan dapur. Dari beberapa ruangan yang sudah disebutkan diatas harus ada perpaduan yang seirama supaya menghasilkan tata ruang yang bagus. Sebuah ruang tamu adalah tampilan sebuah ruangan yang akan kita gunakan untuk menjamu tamu, ruangan inilah yang sedikit banyaknya akan member tahu bagaimana karakter kita sesungguhnya. Ruang tamu bagaimanapu bentuknya akan mencirikan bagaimana tuan nya menjalani proses kehidupan selama ini. Karena fungsinya berguna untuk menerima tamu, maka perletakan ruang ini biasanya berada di depan dari layout sebuah rumah yang akan dibangun. Dibagian depan sebuah ruang tamu berukuran dalam konsep rumah minimalis hanya seukuran kursi sudut ditambah dengan area untuk penempatan lemari kecil atau vas bunga, tergantung dari keinginan dari pemili rumah. Untuk ruang tamu biasanya tersambung dengan ruangan keluarga dibelakangnya, ataupun disamping belakangnya.

Sebagai referensi awal ukuran ruang tamu ideal untuk rumah minimalis adalah 3 x 4 meter, degan 3 x 3 meter sebagai penempatan kursi tamu dan sisanya untuk aksesoris tambahan sebagai penghias ruangan.

Paduan ukuran ruangan ditambah dengan plafon yang di buat dengan bentuk sedemikian rupa sehingga kesan ruang tamu menjadi lebih hidup dan adaptable.

Sekiranya untuk berbincang bincang mengenai pembangunan sebuah rumah untuk area purworejo, kebumen, magelang dan Yogyakarta bisa menghubungi di nomor 081378638978.

Matur suwun.

 


No comments: