Friday, November 8, 2019

BERMAIN LAYANGAN

Ada yang pernah bermain layang layang? Kebanyakan dari kita pernah melewati permainan yang menyenangkan. Ada adrenalin yang tumbuh dan kepuasan yang tercipta dari bermain laying laying. Tapi pernah kah kita membayangkan dan menangkap dari sisi yang berbeda mengenai permainan laying layang. Sebelum kita memasuki salah satu sisi yang lain dari permainan layang – layang, marilah kita berangkat dari mengenal jenis jenis layang layang, terutama jenis layang layang yang ada dikampung kami, desa paitan kecamatan kemiri kabupaten purworejo. Adapun macam macam layang layang yang ada didesa kami adalah layang kontolan ( jenis layangan ini adalah sangat besar, biasanya bikinan sendiri, dimensinya bisa mencapai 1 x 1 meter lebih, biasanya hanya orang dewasa yang akan memainkan layang layang jenis ini karena pas layangan ini sudah terbang akan membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk menjaga layang layang tersebut tidak lepas dari genggaman. Nama lain dari jenis layang ini didaerah sekitar kami adalah layangan sendaren ataupun layangan bapangan ). Jenis layangan yang kedua layangan pethekan, jenis layangan ini adalah kecil berdimensi kurang lebih hanya 30x30 cm dan biasanya ditoko ada yang menjual jenis layangan seperti ini, kadang ada juga yang membuat layangan jenis ini. Cara menerbangkannya hanya mengunakan benang jahit ataupun benang nilon kecil berbeda dengan layangan kontholan tadi diatas, tali yang digunakan adalah mengunakan tali tambang berdiameter +3 mm. ini adalah 2 jenis yang kami tahu dan kami mainkan pada waktu kami melewati masa masa kecil menjelang remaja, sepulang sekolah dan pada waktu libur sekoah, kami bermain layangan disawah ataupun dilapangan sekolahan. Permainan yang kami lakukan oada saat musim kemarau tiba dan diwaktu sore hari disaat angina laut sudah mulai naik kedarat.

Sedikit diatas gambaran mengenai jenis dan permainan layangan didaerah kami didesa paitan kecamatan kemiri kabupaten purworejo, yang kami lakukan sekitaran tahun 90an dan mungkin saat ini sudah berbeda era dalam anak anak dikampung kami menjalani permainan layang layang seperti ini.
Mengulas sedikit dari pemainan layangan, kami mencoba melihat dari sudut pandang nilai yang berbeda,supaya kita terutama kami mampu menangkap dan mendaptkan nilai yang terkandung dari permainan layangan. Yang pertama kreatifitas, dengan cara membuat sendiri layangannya adalah wujud kreatifitas tersendiri yang kami dapatkan untuk sebuah sara bermain yang akan kami mainkan. Didalam kreatifitas tersebut kami mendapatkan kehati – hatian, ketelitian, focus, factor resiko, manajemen resiko dan yang terakhir keyakinan bahwa layangan yang kami buat adalah mampu terbang dengan seimbang setelah ditiup dengan angina yang kencang.
Setelah kami memaknai kreatifitas yang kami dapatkan dari pembuatan layangan, yang kedua adalah bermain layangan adalah bagaimana kami menyelaraskan kapan layangan aka segera diterbangkan dengan agin yang dating dengan tiba2, sehingga begitu angina datang, layangan kami sudah siap terbang dengan bantuan memainkan tali tambang / benang nilon yang sudah diikat dilayang tersebut, dalam fase ini adalah insting adalah kekuatan penting dalam memainkan peran disini. Insting tarikan tali tambang/benang nilon harus selaras mengikuti besar dan kecilnya tiupan angin. Disinilah fase terpenting layangan tersebut akan terbang dengan tinggi, ataukah malah jatuh kembali ketanah. Keseimbangan layangan yang kita buat juga sangat berpengarus terhadap terbang ataukah tidak layangan yang kita buat.

Anggap layang kita sudah terbang, disinilah zona nyaman sebagai manusia hidup berlangsung, bagaimana kita melihat layangan kita terbang dengan mulus, bersinergi dengan angina yang berhembus, kita sebagai manusia akan dengan senang menikmati hal hal seperti. Nyaman, aman, damai dan selalu tersenyum. Tetapi disinilah sebenarnya titik waspada yang manusia harus pikirkan, disaat kita sangat nyaman dengan keadaan yang ada, disaat itulah sebenarnya tantangan kita sebagai manusia itu ada, tali tambang/benang nilon layangan tsb tiba2 akan putus karena tiupan angin ataukah karena gangguan dari layangan tetangga dan karena tali tambang kita kurang kuat, maka tali kita yang akan putus. Tetap tangguh dan tetap berputarlah adrenalin kita walaupun kita dalam zona nyaman dalam saat ini.
Berbeda hal kalau layangan kita belum juga terbang2, teruslah berusaha dan berusaha, proses adalah bagian terpenting dari setiap langkah kita sebagai manusia untuk selalu berusaha sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Tetap berjuang tetap fous dengan tujuan, bahwa aka nada hasil yang akan diraih dengan perjuangan tiada henti. Amati dan perbaiki apa yang menjadi kekurangan dipercobaan pertama, dan untuk di perbaiki dipercobaan selanjutnya. Daya juang adalah pembeda untuk setiap manusia menjadi berhasil dan akan mampu meraih tujuan yang menjadi cita2. Mereka yang berhasil adalah mereka yang berani bertahan sekali lagi untuk setiap langkah dan proses di setiap kehidupan.

No comments: