Sunday, March 25, 2018

BELAJAR AUTOCAD - MEMBUAT UKURAN DIMENSI BARU ( LINES )

Kali ini didalam fungsi / patern dimension style manager, kita akan membahas sedikit dan mudah mudah bisa menjadi detail, membuat ukuran / tipe dimensi baru yang tentunya bisa menjadi pas dengan implementasi gambar yang akan kita buat. Misalnya dalam sebuah gambar detail sebuah rumah, dimulai dari layout denah, denah atap, denah plafon, detail pondasi, detail kolom, detail balok, detail jendela, detail pintu, detail lantai, tampak depan / samping, potongan /section, kita akan membutuhkan beberapa / banyak ukuran dimensi, dari ukuran yang kecil - ukuran menegah - ukuran besar. Didalam ukuran yang kecil pun masih ada part2 lagi untuk membedakan jenis huruf / jenis garis / ketebalan garis / dan lain lain lagi untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan kebutuhan gambar. Begitu juga untuk tipe / ukuran dimensi sedang dengan ukuran besar.
Sebelumnya kita sudah mengulas bagaimana mengakses fungsi / patern dimension style manager ( berfungsi untuk membuat baru atau merubah yang sudah ada jenis / tipe ukuran dimensi ), kali ini akan akan dijelaskan secaa lebih rinci lagi mengenai bagian - bagian terpenting mana yang perlu di perhatikan untuk mendapatkan hasil ukuran dimensi / jenis dimensi yang sesuai dengan ukuran gambar.
Ada dua item disini yang akan kita jelaskan disini, yaitu item New dan item modify, dua
  • New, fungsi / patern ini berfungsi untuk membuat ukuran / tipe dimensi baru, yang bisa dimulai dari tipe / ukuran dimensi yang sudah ada sebelumnya.
  • Modify, Fungis / patern ini berfungsi untuk mengubah / mengedit ukuran / tipe dimensi yang sudah ada.
Untuk kedua item diatas, kita akan mendapatkan sebuah sub menu seperti gambar di dibawah ini :
  • Line
a. Dimension Lines = Garis utama dimensi ( sejajar dengan panjang benda yang diukur )

- Color = untuk merubah warna garis
- Linetype = Tipe garis
- Line weight = Tebal garis

b. Extension Lines = Garis penghubung ke garis utama ( 2 garis tegak lurus dengan benda yang diukur )
- Color = untuk merubah warna garis
- Linetype ext line 1 = Tipe garis 1
- Linetype ext line 2 = Tipe garis 2
- Line weight = Tebal garis

c. Extend beyong dim lines = panjang garis extension dari benda dengan garis utama

d. Offset from origin = pangang garis keluar dari garis dimensi utama

Pada gambar disamping adalah ilustrasi untuk sub menu lines pada dimension style manager, monggo untuk di try2 dan dicoba coba untuk mendapatkan hasil yang pas untuk kebutuhan gambar yang kita inginkan. Pada prinsipnya satuan yang kita pakai dalam mengambar adalah berbanding lurus dengan angka angka yang harus diinputkan dikolom kolom yang harus diinputkan nilainya. Misalnya satuan dalam gambar yang dipakai adalah mm, maka angka yang diinputkan di angka2 di gambar diatas adalah relative lebih besar juga.

Untuk menambah ilmu pengetahuan kita bersama, mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi Dimension style manager. Berbagi wawasan dan pengetahuan adalah sodakoh dalam wujud yang lain dan mudah mudahan ini adalah jalan lain yang di ridoi oleh allah swt.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia.

Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Untuk bagi yang masih pemula, belajar autocad adalah hanya butuh keseriusan untuk tetap tahan dan tahan dengan cara / proses yang masih belum ketemu. Semoga kita senantiasa selalu berada dijalan yang di ridoi oleh allah swt.

Andriyadi, 24/03/2018

No comments: