Sunday, March 18, 2018

BELAJAR AUTOCAD – FUNGSI REGION

Bagaimana caranya menyatukan garis bentuk segi empat yang belum solid diautocad ?

Bagaimana caranya menyatukan garis bentuk segi lima yang belum solid diautocad ?

Bagaimana caranya menyatukan garis bentuk segi banyak yang belum solid diautocad ?

Bagaimana caranya menyatukan garis pada suatu bentuk/bidang yang belum polyline menjadi bentuk polyline?

Bagaimana caranya membuat suatu bidang supaya bisa diextrude menjadi 3 dimensi ?

Kenapa bentuk segi empat tidak bisa diextrude ?

Kenapa bentuk segi lima tidak bisa diextrude ?

Kenapa bentuk segi banyak tidak bisa diextrude ?

Dalam belajar software autocad, didalam program softare autocad ada fungsi / patern untuk membuat beberapa garis yang terhubung dan menjadi sebuah bentuk, yang tadinya garis tersebut masih single/terpisah satu persatu, bisa di polyline kan menjadi terhubung dan menjadi satu kesatuan. Sehingga bentuk/bidang yang sudah di polyline kan bisa di extrude menjadi 3 dimensi . Kalau suatu bentuk/bidang belum solid/polyline maka bidang tersebut tidak akan bisa diextrude menjadi 3 dimensi. Maka fungsi yang akan kita bahas kali ini adalah sangat berhubungan dengan project 3 dimensi. Fungsi yang akan kita bahas dibawah ini adalah bisa untuk mencari keliling dan luas dari suatu bidang/bentuk dua dimensi yang beraturan maupun bentuk yang tidak beraturan.

Pada contohnya, apabila kita membuat sebuah kardus ( yang dalam hal ini kardus tersebut berbentuk kotak utuh ), salah satu langkah yang kita bisa lakukan untuk membuat kardus tersebut adalah dengan membuat sebuah segiempat sebagai alas. Dengan mengunakan fungsi line kita membuat sebuah segiempat. Garis penghubung yang membentuk segiempat tadi masih terbentuk dari single line ( fungsi yg kita gunakan line ), kita tidak serta merta bisa langsung menjadikan 3 dimensi dengan fungsi lainnya, garis tersebut harus disolidkan / garis tersebut harus di polyline kan menyambung antar garis satu dengan yg lainnya mengunakan fungsi dibawah ini :

Fungsi tersebut adalah REGION.

Fungsi region didalam software autocad adalah sedikit banyaknya adalah tentang permasalahan – permasalahan yang ada diatas. Pada contohnya, apabila kita membuat sebuah kardus ( yang dalam hal ini kardus tersebut berbentuk kotak utuh ), salah satu langkah yang kita bisa lakukan untuk membuat kardus tersebut adalah dengan membuat sebuah segiempat sebagai alas. Dengan mengunakan fungsi line kita membuat sebuah segiempat. Garis penghubung yang membentuk segiempat tadi masih terbentuk dari single line ( fungsi yg kita gunakan line ), kita harus mensolidkan / mem polyline kan single line tadi dengan fungsi region ini. Biasanya fungsi region ini diikuti dengan fungsi lainnya untuk mengambar 3 dimensi ( untuk fungsi 3 dimensi ini akan kita bahas pada bab bab yang akan datang ). Fungsi region ini juga digunakan untuk mencari keliling dari suatu bentuk yang beraturan sampai dengan bentuk yang tidak beraturan. fungsi ini juga untuk mencari luas dari suatu bidang baik itu bentuk yang beraturan sampai dengan bentuk yang tidak beraturan. untuk caranya mencari keliling dan luas dari suatu bidang/bentuk pembahasannya akan diulas di bab selanjutnya dengan topik khusus keliling dan luas.

Adapun langkah langkah dalam mengakses REGION adalah sebagai berikut ini :

1. Berdoa adalah langkah awal bagaimana niat tulus adalah perwujudan sesaji kepada tuhan, sesaji yang kita haturkan utuh kepada allah swt, bahwa kerja keras + sungguh sungguh + tahan banting + ulet + pasrah adalah perwujudan sesaji yang kita haturkan kepada allah swt untuk “ meluluhkan hati “ allah swt supaya sebagai hamba mampu terus istiqomah dijalannya.amin
2. Draw + region
3. Pilih Garis yang akan di polilyne kan + Enter
4. Untuk cara cepatnya Ketik REG + Enter, Kemudian ikuti Langkah poin 3
5. Langkah terakhir dari rangkaian proses diatas adalah Bersyukur atas apa yang sudah dicapai, apapun itu adalah sebuah tahapan belajar dan proses yang harus dilalui sebagai seorang pembelajar. Semoga tidak berpuas dengan uraian yang ada diatas, secuil pengetahuan yang didapatkan dari uraian diatas, usaha lebih + effort lebih + explore yang banyak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri tentunya akan berimbas kepada keluarga + saudara + teman + tetangga. Entah itu imbas yang positif ataupun imbas negative, semoga kita selalu berada dijalan allah swt dan selalu mendapat lindungan dari allah swt. Amin.

Untuk fungsi region masih banyak formula formula yang bisa kita gunakan dan bisa kita explore untuk kemudahan kita mengunakan software autocad. Sehingga mencoba dan mencoba untuk mengupas lebih dalam lagi manfaat apa saja yang ada di fungsi region.

Mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi region.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia.

Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Untuk bagi yang masih pemula, belajar autocad adalah hanya butuh keseriusan untuk tetap tahan dan tahan dengan cara / proses yang masih belum ketemu.

Andriyadi, 18/03/2018

No comments: