Sunday, March 18, 2018

BELAJAR AUTOCAD – FUNGSI POLYLINE

Bagaimana caranya menyatukan garis bentuk segi empat supaya solid diautocad ?

Bagaimana caranya menyatukan garis bentuk segi lima supaya solid diautocad ?

Bagaimana caranya menyatukan garis bentuk segi banyakt supaya solid diautocad ?

Bagaimana caranya menyatukan garis pada suatu bentuk/bidang polyline diautocad secara langsung ?
 
Bagaimana caranya membuat suatu bidang supaya bisa diextrude menjadi 3 dimensi ?

Kenapa bentuk segi empat tidak bisa diextrude ?

Kenapa bentuk segi lima tidak bisa diextrude ?

Kenapa bentuk segi banyak tidak bisa diextrude ?

Kenapa bidang / bentuk segi lima / enam / empat / tujuh / banyak tidak bisa dicari kelilingnya ?

Mengapa bidang / bentuk segi lima / enam / empat / tujuh / banyak tidak bisa dicari Luasnya ?

Dalam belajar autocad, didalam program software autocad ada fungsi / patern untuk membuat garis langsung menjadi bentuk polyline, jadi garis tidak single line lagi. Artinya dengan jenis polyline maka bidang yang kita punyai bisa langsung dicari kelilingnya, dicari luasnya juga, langsung menjadi bentuk yang solid, langsung bisa di extrude, langsung bisa digunakan dengan fungsi fungsi selanjutnya.

Pada contohnya, apabila kita membuat sebuah kardus ( yang dalam hal ini kardus tersebut berbentuk kotak utuh ), salah satu langkah yang kita bisa lakukan untuk membuat kardus tersebut adalah dengan membuat sebuah segiempat sebagai alas. Langsung kita gunakan fungsi yang akan kita bahas dibawah ini, maka garis yang dibuat adalah garis yang sudah polyline dan bisa dilanjutkan dengan mencari keliling / luas / solid / dan bisa langsung diextrude. Fungsi yang akan kita bahas ini adalah sudah built in di patern software autocad dan bisa kita gunakan sesuai dengan kaidah2 software autocad tentukan.

Fungsi tersebut adalah POLYLINE.

Fungsi polyline didalam software autocad adalah sedikit banyaknya adalah tentang permasalahan – permasalahan yang ada diatas. Pada contohnya, apabila kita membuat sebuah kardus ( yang dalam hal ini kardus tersebut berbentuk kotak utuh ), salah satu langkah yang kita bisa lakukan untuk membuat kardus tersebut adalah dengan membuat sebuah segiempat sebagai alas. Langsung kita gunakan fungsi yang akan polyline, maka garis yang dibuat adalah garis yang sudah polyline dan bisa dilanjutkan dengan mencari keliling / luas / solid / dan bisa langsung diextrude. Fungsi polyline ini adalah sudah built in di patern software autocad dan bisa kita gunakan sesuai dengan kaidah2 software autocad tentukan.

Adapun langkah langkah dalam mengakses POLYLINE adalah sebagai berikut ini :

1. Berdoa adalah langkah awal bagaimana niat tulus adalah perwujudan sesaji kepada tuhan, sesaji yang kita haturkan utuh kepada allah swt, bahwa kerja keras + sungguh sungguh + tahan banting + ulet + pasrah adalah perwujudan sesaji yang kita haturkan kepada allah swt untuk “ meluluhkan hati “ allah swt supaya sebagai hamba mampu terus istiqomah dijalannya.amin, Dengan amin adalah satu step/langkah untuk lebih meminta dengan “ paksaan halus “ kepada allah swt supaya apa yang menjadi harapan menjadi segera tercapai.
2. Draw + polyline
3. Klik pointer / crosshair didisplay sebanyak – banyaknya sesuai dengan bidang yang akan kita buat. Misalnya segi empat yang akan kita buat.
4. Enter,
5. Untuk caa cepatnya Ketik PL + Enter, Kemudian diikuti dengan langkah Poin 3 s/d Poin 4
6. Langkah terakhir dari rangkaian proses diatas adalah Bersyukur atas apa yang sudah dicapai, apapun itu adalah sebuah tahapan belajar dan proses yang harus dilalui sebagai seorang pembelajar. Semoga tidak berpuas dengan uraian yang ada diatas, secuil pengetahuan yang didapatkan dari uraian diatas, usaha lebih + effort lebih + explore yang banyak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri tentunya akan berimbas kepada keluarga + saudara + teman + tetangga. Entah itu imbas yang positif ataupun imbas negative, semoga kita selalu berada dijalan allah swt dan selalu mendapat lindungan dari allah swt. Amin.

Untuk fungsi polyline masih banyak formula formula yang bisa kita gunakan dan bisa kita explore untuk kemudahan kita mengunakan software autocad. Sehingga mencoba dan mencoba untuk mengupas lebih dalam lagi manfaat apa saja yang ada di fungsi polyline.

Mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi polyline.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia.

Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Untuk bagi yang masih pemula, belajar autocad adalah hanya butuh keseriusan untuk tetap tahan dan tahan dengan cara / proses yang masih belum ketemu.

Andriyadi, 18/03/2018

No comments: