Thursday, March 22, 2018

BELAJAR AUTOCAD – FUNGSI ORDINATE

Di dalam software autocad, kita mengenal adanya coordinate x dan y dan ditambahn coordinate z kalau di tiga dimensi. Koordiante x dan y suatu titik dalam software autocad bisa kita cari dengan patern / fungsi yang sudah ada di software autocad. Bukan hanya sebuah titik saja, pertemuan dua garis / center dari suatu bentuk / atau apapun yang wujudnya adalah sebuah titik bisa di cari coordinate x dan y nya. Tentunya banyak cara untuk bisa mengetahui berada dalam coordinate berapa sih suatu titik yang akan kita cari ? disini kita akan membahas satu patern / fungsi yang didalam autocad sudah tersedia untuk mencari coordinate dari suatu titik.

Fungsi tersebut adalah ORDINATE.

Prinsip dari fungsi ini adalah bagaimana suatu titik , entah titik yang diakibatkan dari pertemuan garis / titik dari center suatu bidang / titik yang dihasilkan oleh persilangan dari garis di cari dengan coordinate x dan coordinate y nya.

Adapun langkah langkah yang kita tempuh untuk mengakses dan mengunakan fungsi / patern ORDINATE adalah sebagai berikut ini :

1. Berdoa adalah langkah awal bagaimana niat tulus adalah perwujudan sesaji kepada tuhan, sesaji yang kita haturkan utuh kepada allah swt, bahwa kerja keras + sungguh sungguh + tahan banting + ulet + pasrah adalah perwujudan sesaji yang kita haturkan kepada allah swt untuk " meluluhkan hati " allah swt supaya sebagai hamba mampu terus istiqomah dijalannya.amin, Dengan amin adalah satu step/langkah untuk lebih meminta dengan " paksaan halus " kepada allah swt supaya apa yang menjadi harapan menjadi segera tercapai.

2. Klik dimension + Ordinate

3. Klik pointer / crosshair dan klik titik tersebut dan arahkan ke sumbu x, angka yang muncu adalah coordinate sumbu x dari titik tersebut.

4. Klik pointer / crosshair dan klik titik tersebut dan arahkan ke sumbu y, angka yang muncu adalah coordinate sumbu y dari titik tersebut.

5. Ulangi langkah poin 2 s/d poin 4 untuk mendapatkan fill dari fungsi / patern ordinate ini.

6. Cara cepat untuk fungsi ordinate DIMORD + ENTER, Kemudian ulangi langkah poin 2 s/d poin 5

7. Cara cepat yang kedua untuk fungsi ordinate DOR + ENTER, Kemudian ulangi langkah poin 2 s/d poin 5

8. Langkah terakhir adalah sebuah awalan untuk memulai pekerjaan yang lebih mulia lagi. Untuk rangkaian proses diatas adalah Bersyukur atas apa yang sudah dicapai, apapun itu adalah sebuah tahapan belajar dan proses yang harus dilalui sebagai seorang pembelajar. Semoga tidak berpuas dengan uraian yang ada diatas, secuil pengetahuan yang didapatkan dari uraian diatas, usaha lebih + effort lebih + explore yang banyak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri tentunya akan berimbas kepada keluarga + saudara + teman + tetangga. Entah itu imbas yang positif ataupun imbas negative, semoga kita selalu berada dijalan allah swt dan selalu mendapat lindungan dari allah swt. Amin.

Mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi ordiante, tentunya untuk perbaikan dan pengenalan hal hal baru untuk menghadapi ketidak pastian dalam hidup ini.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia. Orang yang siap adalah senantiasa belajar untuk hal hal baru dan mau menerima dengan landasan yang kuat dengan hal hal yang baru itu.

Melalui keiklasan, Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Bagi yang masih pemula dalam bidang autocad, milikilah sudut pandang bahwa semua yang kita lakukan adalah hanya sebuah proses, apabila kita berproses artinya belum ada titik temu untuk sebuah pengakhiran, artinya pemula dengan expert adalah penyebutan yang hanya mengikis semua proses yang sudah lewati.

Andriyadi, 22/03/2018

No comments: