Saturday, March 17, 2018

BELAJAR AUTOCAD – FUNGSI MULTILINE

Bagaimana sih caranya membuat garis sejajar dalam jarak tertentu di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat garis lurus dan berdampingan dengan jarak tertentu di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat 2 dua garis yang berhimpitan dengan jarak tertentu di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat dua garis secara langsung sejajar seperti untuk pasangan batu bata di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat dua buah garis secara langsung yang saling sejajar satu sama lain di autocad ?

Bagaimana sih caranya membuat dua buah garis yang berdampingan dan sejajar sekaligus di autocad ?

Dalam belajar autocad, didalam program softare autocad ada fungsi / patern untuk membuat dua garis lurus yang satu sama lain sejajar dan berdampingan dengan jarak antar garis tersebut sesuai dengan kebutuhan dalam kita mendesign suatu objek. Fungsi tersebut sudah built in didalam software autocad, kita tidak perlu membuat satu garis terlebih dahulu, kemudian membuat garis keduanya dengan jarat tertentu yang sejajar dengan garis yang pertama.

Pada contohnya, apabila kita membuat sebuah denah rumah, lebar dinding yang kita rencanakan adalah 15 cm, kita bisa membuat satu garis terlebih dahulu kemudian diikuti dengan membuat garis satu lagi yang sejajar dengan garis yang pertama dengan jarak antar kedua garis tersebut adalah 15 cm. tentu bisa saja kita mengunakan formula/ tahapan proses ini, tetapi didalam software autocad sudah ada patern / default fungsi yang kita bisa manfaatkan sesuai dengan ilustrasi pembuatan dinding sebuah denah rumah. Pada ilustrasi pertama kita membutuhkan minimal 3 langkah, sedangkan untuk patern / default fungsi yang akan kita bahas hanya mengunakan 1 langkah saja dan kita bisa mendapatkan hasil yang sama sesuai dengan kebutuhan dalam kita mendesign sebuah objek.

Fungsi tersebut adalah MULTILINE.

Fungsi multiline didalam software autocad adalah sedikit banyaknya adalah tentang permasalahan – permasalahan yang ada diatas. Pada contohnya, apabila kita membuat sebuah denah rumah, lebar dinding yang kita rencanakan adalah 15 cm, kita bisa membuat satu garis terlebih dahulu kemudian diikuti dengan membuat garis satu lagi yang sejajar dengan garis yang pertama dengan jarak antar kedua garis tersebut adalah 15 cm. tentu bisa saja kita mengunakan formula/ tahapan proses ini, tetapi didalam software autocad sudah ada patern / default fungsi yang kita bisa manfaatkan sesuai dengan ilustrasi pembuatan dinding sebuah denah rumah. Pada ilustrasi pertama kita membutuhkan minimal 3 langkah, sedangkan untuk patern / default fungsi yang akan kita bahas hanya mengunakan 1 langkah saja dan kita bisa mendapatkan hasil yang sama sesuai dengan kebutuhan dalam kita mendesign sebuah objek.

Adapun langkah langkah dalam mengakses MULTILINE adalah sebagai berikut ini :

1. Berdoa adalah langkah awal bagaimana niat tulus adalah perwujudan sesaji kepada tuhan
2. Draw + multiline
3. Ketik scale + Enter, Ketik angka jarak antar dua garis tersebut ( misalnya 30 )
4. Klik pointer / mouse kiri ke area display/ monitor sesuai dengan titik yang sudah kita tentukan
5. Geser Pointer / Crosshair kearah sepanjang yang kita inginkan, ketik jarak dan arah sesuai dengan kebutuhan dengan formula misalnya 100<90 ( Formula tersebut artinya panjang 100 dengan arahnya adalah 90 ° ( keatas ) – untuk sudut 0 ° dalam software autocad adalah mengarah ke kanan dan selanjutnya perputarannya berlawanan arah jarum jam )
6. Untuk mengakhiri nya ketik Enter
7. Untuk cara cepatnya dengan ketik ML + ENTER, Kemudian ikuti langkah poin 3 s/d poin 6
8. Langkah terakhir dari rangkaian proses diatas adalah Bersyukur atas apa yang sudah dicapai, apapun itu adalah sebuah tahapan belajar dan proses yang harus dilalui sebagai seorang pembelajar. Semoga tidak berpuas dengan uraian yang ada diatas, secuil pengetahuan yang didapatkan dari uraian diatas, usaha lebih + effort lebih + explore yang banyak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri tentunya akan berimbas kepada keluarga + saudara + teman + tetangga. Entah itu imbas yang positif ataupun imbas negative, semoga kita selalu berada dijalan allah swt dan selalu mendapat lindungan dari allah swt. Amin.

Untuk fungsi multiline masih banyak formula formula yang bisa kita gunakan dan bisa kita explore untuk kemudahan kita mengunakan software autocad. Sehingga mencoba dan mencoba untuk mengupas lebih dalam lagi manfaat apa saja yang ada di fungsi multiline.

Mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi multiline.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia.

Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Untuk bagi yang masih pemula, belajar autocad adalah hanya butuh keseriusan untuk tetap tahan dan tahan dengan cara / proses yang masih belum ketemu.

Andriyadi, 17/03/2018

No comments: