Friday, March 23, 2018

BELAJAR AUTOCAD - FUNGSI CONTINUE

Prinsip dari fungsi / patern CONTINUE adalah sama sama berfungsi untuk mengukur jarak / dimensi / tinggi dari satu titik ke titik lain lainnya, yang menjadi pembeda antara patern baseline dengan patern continue adalah titik awal dimensi / ukuran dari pengukuran yang kedua dan yang ke selanjutnya, kalau di base line titik awal menjadi awalan dari semua dimensi / ukuran, tetapi untuk patern continue titik awal an dari semua dimensi / ukuran yang kita buat adalah titik akhir dari rangkaian dimensi / ukuran yang kita buat. Apabila diilustrasikan pada keadaan pada umumnya, fungsi continue adalah mengukur secara berurutan jarak / dimensi / tinggi dari titik A - B, kemudian B - C, kemudian C - D, kemudian D - E, dan seterusnya.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam belajar software autocad terutama untuk fungsi / patern dari continue adalah bagaimana caranya membuat dimensi / ukuran / jarak berturut turut dengan cepat di software autocad ?, Bagaimana caranya mencari dimensi / ukuran / jarak secara berturut - turut dan dengan praktis dan cepat di autocad ? di software autocad adakah fungsi / patern yang berfungsi untuk mencari dimensi yang beda dari fungsi pada umumnya, yaitu dimensi yang berturut turut secara cepat dan praktis ?

Dari permasalahan / case yang ada diatas, Dalam software autocad sudah ada fungsi / patern yang sudah built in dan kita bisa gunakan tentunya dengan kaidah kaidah yang benar. Cara manual yang bisa kita gunakan adalah dengan fungsi / patern dimensi yang lazim kita gunakan, yaitu linear / aligned. Tetapi dengan adanya patern / fungsi yang sudah disediakan oleh software autocad dengan cara cepatnya, maka factor kecepatan dalam bekerja, factor kesalahan menempatkan titik awal dimensi, factor ketelitian adalah semakin lebih baik lagi.

Fungsi yang kita bahas tersebut adalah CONTINUE.

Contoh konkret dari fungsi baseline adalah, bagaimana kita mengukur jarak dari titik A - B, kemudian berturut turut B - C, C - D, D - E, E - F, F - G, sampai dengan seterusnya sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.

Adapun langkah langkah dalam mengakses CONTINUE adalah sebagai berikut ini :

1. Berdoa adalah langkah awal bagaimana niat tulus adalah perwujudan sesaji kepada tuhan, sesaji yang kita haturkan utuh kepada allah swt, bahwa kerja keras + sungguh sungguh + tahan banting + ulet + pasrah adalah perwujudan sesaji yang kita haturkan kepada allah swt untuk " meluluhkan hati " allah swt supaya sebagai hamba mampu terus istiqomah dijalannya.amin, Dengan amin adalah satu step/langkah untuk lebih meminta dengan " paksaan halus " kepada allah swt supaya apa yang menjadi harapan menjadi segera tercapai.

2. Dimension + Continue

3. Arahkan pointer / crosshair ke dimensi / ukuran / jarak yang sudah kita ukur sebelumnya, kemudian Tarik + Klik ke titik - titik yang akan kita ukur dimensi / jaraknya.


Pada gambar diatas, untuk cloud yang warna biru adalah hasil dari fungsi / patern continue sedangkan yang tidak dicloud adalah hasil dari fungsi / patern baseline.

4. Untuk cara cepat yang pertama Ketik DIMCONT + Enter, Kemudian diikuti dengan langkah Poin 3

5. Untuk cara cepat yang kedua Ketik DCO + Enter, Kemudian diikuti dengan langkah Poin 3

6. Ulangi langkah poin 2 s/d poin 5 untuk mengetahui secara mendalam apa2 saja yang menjadi kaidah dari fungsi CONTINUE ini.

7. Langkah terakhir adalah sebuah awalan untuk memulai pekerjaan yang lebih mulia lagi. Untuk rangkaian proses diatas adalah Bersyukur atas apa yang sudah dicapai, apapun itu adalah sebuah tahapan belajar dan proses yang harus dilalui sebagai seorang pembelajar. Semoga tidak berpuas dengan uraian yang ada diatas, secuil pengetahuan yang didapatkan dari uraian diatas, usaha lebih + effort lebih + explore yang banyak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri tentunya akan berimbas kepada keluarga + saudara + teman + tetangga. Entah itu imbas yang positif ataupun imbas negative, semoga kita selalu berada dijalan allah swt dan selalu mendapat lindungan dari allah swt. Amin.

Untuk fungsi / patern Continue ini masih banyak formula formula yang bisa kita gunakan dan bisa kita explore untuk kemudahan kita mengunakan software autocad. Sehingga mencoba dan mencoba untuk mengupas lebih dalam lagi manfaat apa saja yang ada di fungsi / patern Continue ini.

Mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi Continue. Berbagi wawasan dan pengetahuan adalah sodakoh dalam wujud yang lain dan mudah mudahan ini adalah jalan lain yang di ridoi oleh allah swt.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia.

Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Untuk bagi yang masih pemula, belajar autocad adalah hanya butuh keseriusan untuk tetap tahan dan tahan dengan cara / proses yang masih belum ketemu. Semoga kita senantiasa selalu berada dijalan yang di ridoi oleh allah swt.

Andriyadi, 23/03/2018

No comments: