Tuesday, March 20, 2018

BELAJAR AUTOCAD – ALIGNED

Bagaimana caranya membuat dimensi atau ukuran di autocad ?

Bagaimana caranya membuat dimensi dan ukuran miring / isometrik di autocad ?

Bagaimana caranya memberi dimensi atau ukuran dua titik yang berbeda koordinat di autocad ?

Dimensi / ukuran / yang sejajar dengan garis / bidang yang diukur dalam software autocad ?

Dimensi / ukuran / jarak Yang mengikuti garis / bidang yang diukur dan tidak berdasarkan sumbu X maupun sumbu Y ?

Dimensi / ukuran yang berbentuk Mendatar / tegak / isometric / menyamping / serong ?

Dalam belajar autocad, didalam program software autocad ada fungsi / patern untuk membuat Dimensi atau ukuran panjang / lebar pada suatu garis atau pada salah satu sisi suatu bentuk, Prinsipnya dua buah titik yang kemudian dihubungkan dengan garis, bisa dicari dan dibuat dimensi atau ukurannya yang sebenarnya ataupun ukuran / dimensi yang kita reka2 seolah olah panjang garis tersebut adalah yang tertera dalam angka yang kita buat.

Pada contohnya, Apabila kita ingin mengetahui panjang garis mendatar ataupun panjang garis yang tegak lurus, panjang garis miring, panjang garis serong, panjang garis serong, ataupun sebuah sisi dari bentuk diatuocad, apabila kita akan mengetahui jarak dari sebuah garis miring, apabila kita ingin mengetahui jarak dari bidang / garis yang miring, apabila kita ingin mengetahui jarak dari dua buah titik yang satu elevasi ataupun beda elevasi, apabila kita ingin mengetaui jarak dua buah titik yang yang berbeda tinggi dan berbeda nilai koordinat Y nya, cara / fungsi dari autocad ini adalah yang paling direkomendasikan untuk kita tempuh. Prinsip dari fungsi patern ini adalah mengetahui jarak / ukuran / dimensi / beda tinggi dari dua buah titik dan tidak memperhitungkan sejajar sumbu x dan atau sumbu y.

Fungsi tersebut adalah ALIGNED.

Fungsi Aligned didalam software autocad adalah sedikit banyaknya adalah tentang permasalahan – permasalahan yang berhubungan dengan bagaimana caranya mencari panjang / lebar / dimensi / jarak pada sebuah dua titik yang berbeda koordinat dan ukuran / panjang / beda tinggi / jarak dan tidak memperhitungan sumbu x dan sumbu y. Fungsi aligned dapat kita implementasikan dalam Apabila kita ingin mengetahui panjang garis mendatar ataupun panjang garis yang tegak lurus dan juga pada garis miring / garis isometric / garis serong, ataupun sebuah sisi dari bentuk diatuocad, apabila kita akan mengetahui jarak dari sebuah garis miring, apabila kita ingin mengetahui jarak dari bidang / garis yang miring, apabila kita ingin mengetahui jarak dari dua buah titik yang satu elevasi ataupun beda elevasi, apabila kita ingin mengetaui dua buah titik yang yang berbeda tinggi dan berbeda nilai koordinat Y nya, cara / fungsi linear dalam software autocad ini adalah yang paling direkomendasikan untuk kita tempuh. Prinsip dari fungsi patern linear ini adalah mengetahui jarak / ukuran / dimensi / beda tinggi dari dua buah titik dan tidak hanya menghitung sejajar sumbu x dan atau sumbu y.

Adapun langkah langkah dalam mengakses ALIGNED adalah sebagai berikut ini :

1. Berdoa adalah langkah awal bagaimana niat tulus adalah perwujudan sesaji kepada tuhan, sesaji yang kita haturkan utuh kepada allah swt, bahwa kerja keras + sungguh sungguh + tahan banting + ulet + pasrah adalah perwujudan sesaji yang kita haturkan kepada allah swt untuk “ meluluhkan hati “ allah swt supaya sebagai hamba mampu terus istiqomah dijalannya.amin, Dengan amin adalah satu step/langkah untuk lebih meminta dengan “ paksaan halus “ kepada allah swt supaya apa yang menjadi harapan menjadi segera tercapai.
2. Dimension + Aligned
3. Arahkan pointer / crosshair ke dua titik dan klik kedua titik yang akan yang akan kita ukur jarak / tinggi / dimensinya, geser pointer / crosshair kearah luar, Kemudian klik kiri mouse / pointer / crosshair
4. Untuk cara cepat yang pertama Ketik DIMALI + Enter, Kemudian diikuti dengan langkah Poin 3
5. Untuk cara cepat yang kedua Ketik DAL + Enter, Kemudian diikuti dengan langkah Poin 3
6. Ulangi langkah poin 2 s/d poin 5 untuk mengetahui secara mendalam apa2 saja yang menjadi kaidah dari fungsi ALIGNED ini.
7. Langkah terakhir adalah sebuah awalan untuk memulai pekerjaan yang lebih mulia lagi. Untuk rangkaian proses diatas adalah Bersyukur atas apa yang sudah dicapai, apapun itu adalah sebuah tahapan belajar dan proses yang harus dilalui sebagai seorang pembelajar. Semoga tidak berpuas dengan uraian yang ada diatas, secuil pengetahuan yang didapatkan dari uraian diatas, usaha lebih + effort lebih + explore yang banyak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri tentunya akan berimbas kepada keluarga + saudara + teman + tetangga. Entah itu imbas yang positif ataupun imbas negative, semoga kita selalu berada dijalan allah swt dan selalu mendapat lindungan dari allah swt. Amin.

Untuk fungsi aligned masih banyak formula formula yang bisa kita gunakan dan bisa kita explore untuk kemudahan kita mengunakan software autocad. Sehingga mencoba dan mencoba untuk mengupas lebih dalam lagi manfaat apa saja yang ada di fungsi aligned. Didalam autocad ada beberapa cara mencari ukuran / dimensi tergantung dari bidang / garis yang ada dan juga tergantung dari kebutuhan yang kita perlukan. Silahkan untuk mengexplored dengan effort yang dalam supaya mendapatkan yang terbaik dari fungsi aligned ini.

Mohon untuk sharing + komen + tambahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai software autocad terutama untuk fungsi aligned.

Tidak ada kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, yang ada adalah bagaimana proses kita dengan kerendahan hati yang tulus, bahwa proses belajar dan belajar adalah yang paling murni kita sebagai manusia.

Keiklasan memiliki kekuatan yang kuat untuk tetap bertahan dari semua proses belajar yang kita lalui, dan keiklasan adalah dorongan sekaligus tarikan energi energi positif terhadap mereka mereka yang berani menyelami dan fokus terhadap satu titik yang bernama iklas.

Untuk bagi yang masih pemula, belajar autocad adalah hanya butuh keseriusan untuk tetap tahan dan tahan dengan cara / proses yang masih belum ketemu.

Andriyadi, 20/03/2018

No comments: