Sunday, December 30, 2012

SOAL RASA


Apa sih itu kehidupan itu? mengapa banyak sekali perbedaan - perbedaan yang sangat menonjol? Mengapa hidup ini bermacam  macam  warna ( baca sudut pandang ). Terkadang warna itu bisa membiaskan seseorang yang melihatnya, Tergantung dari mana seseorang itu melihatnya. Letak dimana seseorang  memandang  sesuatu itulah yang akan menentukan warna dari pada sesuatu tersebut. Karena yang bermacam macam itulah kita sebagai manusia bebas untuk memilih warna tersebut sesuai dengan keinginan kita. Dari setiap sisi pandang akan melahirkan sesuatu yang berbeda dengan sisi yang lain. Maka dari itu kebenaran yang akan kita peroleh adalah kebenaran yang relatif. Yaitu kebenaran yang benar bila disandingkan dengan sudut pandang yang benar pula. saya  tidak akan meributkan tentang masalah kebenaran itu berasal dari sudut pandang yang mana, tetapi saya lebih tertarik untuk membahas mengenai mengapa seseorang memilih sudut pandang  tertentu yang akan melahirkan suatu kebenaran menurut sudut pandang tersebut.Saya lahir dari keluarga yang serba kekurangan. bapak yang hanya seorang buruh tani dan juga mamak saya yang juga sebagai buruh tani. Kehidupan yang sungguh jauh dari kecukupan. Hari hari dilewati dengan perasaan was was , bagaimana dengan esok hari. Apakah ada sesuatu yang bisa dimakan sebagai  kawan nasi putih esok?. Itu adalah gambaran tebakan mengenai isi hati kedua orang tua saya sewaktu menafkahi keluarga. kehidupan lingkungan sekitar yang cukup tentram dengan sedikit warna islami yang cukup kuat juga menggiringi langkahku sampai ketangga kedewasaan. Hampir tak pernah ketinggalan soal urusan yang berhubungan dengan sholat lima waktu. Dan kebanyakan sholat lima waktu saya lakukan di mushola. Kehidupan rukun terhadap tetangga, saling sapa, gotong royong, tepo sliro masih kental dalam kehidupan saya sampai menginjak dewasa. Kebetulan juga pendidikan formal yang saya peroleh adalah dari pendidikan yang lumayan favorit. Walaupun memang dalam segi prestasi tidak ada yang bisa dibanggakan. Sedikit banyaknya ilmu yang kami pelajari dari tingkat sd sampai ketingkat sma ada juga yang membekas dalam diri saya. Hingga akhirnya saya harus benar benar terjun kedalam masyarakat, berbaur dengan berbagai jenis sifat masyarakat luas. Ilmu yang sudah saya pelajari dan saya dapatkan mulai dari sd sampai ke tingkat sma ternyata sama sekali tidak ada hhubungannya  langsung untuk diterapkan dalam berhubungan dengan masyarakat. Ternyata harus mulai belajar dari nol lagi pikir saya. Inilah pembelajaran yang sesungguhnya, saya harus mampu berbaur dengan masyarakat tanpa harus menimbulkan perselisihan dengan orang lain.Kembali kepada keinginan saya unutk lebih menyoroti tentang  mengapa seseorang memilih sudut pandang tertentu ? factor apa yang melatar belakangi seseorang memilihnya? Pertanyaan yang bisa dijawab dengan berbagai kemungkinan. Kalau menurut saya dan ini  bukan pendapat yang paling benar, boleh setuju boleh juga tidak setuju. Ilustrasi saya di atas mungkin sudah memberikan jawaban tentang pertanyaan tadi. 

No comments: