Sunday, December 30, 2012

LAMUNAN PAGI


Aku menulis tulisan ini pada pagi hari. Kira kira jam menunjukkan pukul 06.15 pagi. Masih sepi, sunyi, hening, damai rasanya hidup tanpa adanya kebisingan yang terus memekakkan pikiran dan hati. Seperti biasanya , bangun tidur aku habiskan untuk melamun sejenak untuk meratapi rutinitas yang berkelanjutan dari waktu ke waktu tanpa adanya variasi dalam kehidupan ku. Hanya yang tentunya berbeda yaitu ternyata dipagi ini ada hal yang sangat special yang bisa aku kerjakan yaitu dengan menulis. Sekedar menuangkan dan mencurahkan isi pikiran sebelum menunaikan kewajiban rutinitas yang kadang membosankan. Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 06.21 yang berarti  kira kira 15 menit aku sudah memainkan tombol tombol keyboard laptop tapi alangkah terkejutnya aku setelah mengarahkan mata aku kebagian atas layar laptop, ternyata  belum ada tulisannya belum panjang dan juga  tidak ada kata kata berbobot yang sanggup aku tuangkan. Pikiran coba aku lempar jauh jauh untuk mendapatkan kata kata yang bisa membentuk kalimat sehingga bisa terangkai suatu tulisan yang panjang dan lebar dan pastinya tulisan yang mempunyai ajakan moral yang harmoni. Mulailah perjalanan sang pikiran untuk mencari hal hal yang bisa dituangkan dipagi ini. Kuajak pikiran ini untuk menggingat semua perjalanan hidup yang pernah aku lalui, mulai masa kecil, masa remaja, sampai masa dewasa. Tetapi anehnya kok tidak ada sama sekali hal hal yang bisa dituangkan kedalam bentuk kalimat. Saya sadar karena disetiap jejak perjalanan yang pernah aku lalui tidak ada satu bagian pun yang menarik untuk dituangkan menjadi sebuah ajakan moral yang harmoni. Penggingatan hal ini malah mengantarkan aku kedalam penyesalan penyesalan yang diakibatkan perjalanan hidup aku yang kurang beruntung.  Kemudian aku mengajak pikiran ini untuk jauh meninggalkan masa lalu menuju masa kini yaitu masa dimana segala sesuatunya berada dihadapan aku. Masa dimana sagala sesuatu menuntuk penyelesaiannya sekarang ini juga. Ku suruh pikiran ini untuk kembali mengobrak abrik hal hal apa saja yang bisa ditulis di lembaran ini. Setelah sekian lamanya dalam misi pencarian sang pikiran akhirnya menemukan satu hal saja yang bisa mewakili keadaaan aku sekarang ini. Sebetulnya sang pikiran enggan untuk mengatakan apa yang telah terjadi pada diriku sekarang ini, setekah aku bujuk dan aku rayu akhirnya sang pikiran mau mengatakannya juga. Ah  mau mempermainkan aku juga ini sang pikiran… “ rutinitas lah yang sekarang terjadi pada anda “ begitulah kata sang pikiran dengan mimik wajah yang dingin dan kaku. Kata kuncinya ternyata rutinitas, kucoba untuk merangkai kata demi kata untuk bisa mengambarkan keadaan aku sekarang ini . tetapi kok sulit sekali ya. Mengapa seolah olah terjadi kemandegan ide setelah didapatkan topic yang cocok.  Pergilah  aku kekamar mandi untuk membasuh muka yang masih kusut setelah bangun tidur. Uuuhg.. dingin juga air di pagi hari ini batinku. Kuteruskan perjalananku untuk mencari ide ide penulisan agar bisa menghasikan tulisan yang berbobot. Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 06.46 yang berarti aku harus kembali kepada rutinitas dan juga berarti aku harus mengakhiri perjalanan panjang pikiran ini dan selanjutnya menutup tulisan ini dengan salam rutinitas.Kata rutinitas akan bersambung sepulangnya aku dari rutinitas….mungkin malam hari aku baru bisa melanjutkannya.

No comments: