Friday, December 6, 2013

VERTICALITY TOWER MENARA BTS

Toleransi kemiringan sebuah tower menara bts tergantung dari ketinggian tower tersebut, semakin tinggi sebuah tower akan berbanding lurus dengan maksimal jarak kemiringannya. Rumus yang digunakan untuk menghitung maksimal kemiringan sebuah tower adalah ketinggian tower dalam cm dibagi dengan 2000 cm. itulah batas maksimal dari kemiringan sebuah tower. Sebagai contoh untuk tower dengan ketinggian 72 M, akan menghasilkan maksimal toleransi kemiringannya adalah 3,6 cm. dengan cara yang sama untuk tower tower dengan ketinggian yang berbeda dalam dicari dengan rumus itu. 
Verticality tower bts
Banyak cara yang bisa digunakan dilapangan untuk mengetahui berapa nilai kemiringan dari sebuah tower. Dengan mengunakan alat theodolite kita bisa mendapatkan nilai kemiringan sebuah tower, tentunya dengan cara dan teknik pengunaan alat theodolite yang benar.  Banyak teknik dan cara yang sering dilakukan dilapangan, salah satunya untuk tower kaki empat adalah dengan cara memasang alat theodolite dalam posisi tegak dan meluruskannya ( satu garis lurus ) dengan baut tengah plat sisi satu dalam section pertama dgn baut tengah plat disisi di yang sejajarnya di section pertama juga. Untuk mengantisipasi kesulitan dalam menempatkan letak theodolite supaya bisa satu garis lurus, maka diperlukan bantuan unting unting yang diletakan di baut tengah sisi pertama dengan panjang tali kira kira 2 meter. Hal ini supaya bisa mendapatkan satu garis lurus yang pas dan bisa mempercepat didapatkannya satu garis lurus antara theodolite, baut pertama sisi pertama dan juga terhadap baut disisi belakangnya. Setelah satu garis lurus tersebut didapatkan, langkah berikutnya adalah dengan mengarahkan teropong theodolite ke posisi top tower tersebut. Disinilah kita bisa medapatkan berapa nilai kemiringan dari tower tersebut. Letakkan center teropong di baut tengah plat section paling atas, apabila sudah berada ditengah, kunci horizontalnya dan arahkan ke section paling bawah, jarak antara baut tengah plat bawah dengan center teropong adalah nilai dari kemiringan dari tower tersebut. Lakukan cara inni di kedua sisi sebuah tower menara bts, setelah didapatkan nilai kemiringan di kedua sisinya maka dilakukan penegakan sebuah tower dengan cara menurunkan atau menaikkan baseplate mengacu dari nilai kemiringan yang didapatkan. Demikian salah satu cara yang bisa digunakan, tentunya masih banyak kekurangan dari postingan diatas dan masih banyak cara yang bisa dilakukan tergantung kebiasaan yang dipakai dilapangan.

Berasal dari pengalaman penulis setelah sekian lama bergelut dilapangan.


Pekanbaru / 6 desember 2013

Monday, October 7, 2013

SP 5 RSTM PULAU BURUNG

Hari minggu, pekan terakhir di bulan September 2013. Kota kecil di salah satu kabupaten diprovinsi riau. Alhamdulilah pekerjaan sudah bisa closingan dan saatnya kembali ke lokasi lokasi selanjutnya. Kota guntung namanya saat ini saya berada, wilayah yang lumayan jauh dan setahu saya hanya bisa ditempuh mengunakan moda transportasi laut dari kota tembilahan. Kota yang aktivitas keramaian berada didaerah pinggir sungai dan terasa indah diwaktu malam hari tiba. Menjadi bagian dari suatu pembangunan didaerah pedalaman adalah hal yang unik dan menjadi pengalaman tersendiri bagi diri saya. Banyak tantangan yang menghadang disaat melakukan aktifitas didaerah ini. Ada hal was was dipertama kali berkunjung dan alhamdulilah semuanya mencair dan terasa nyaman dikala bertemu dengan warga warga sekitar. Sambutan penuh welcome dari masyarakat sekitar dan mereka sangat antusias untuk disegerakannya pembangunan tersebut. Moda transportasi yang harus ditempuh mengunakan speedbood dan juga harus over speedbood dikarenakan adanya daratan pemisah sepanjang 500 meter. Perjalanan menuju lokasi yang harus ditempuh sekitar 8 jam perjalanan, hamper setiap melakukan kunjungan waktu magrib adalah waktu dimana saya sampai dilokasi dan langsung disuguhi makanan dan minuman dari salah satu warga. Hangat, ceria dan harmoni sekali. Apalagi kesunyian daerah yang begitu alamiah ditambah dengan kebetulan satu suku daerah dengan saya membuat kerasan tinggal didaerah tersebut. 

Waktu kunjungan yang kira2 hanya 3 hari hari disetiap kunjungannya adalah saat2 yang penuh pengalaman yang terjadi pada perjalanan hidup saya. Semoga apa yang sudah dibangun bisa menjadi bermanfaat dikemudian hari dan tentunya jalinan silaturahim antar kita akan menjadi kuat lantaran keberadaan sinyal yang lebih kuat juga.

Bersambung
Pulau burung, 28 September 2013

Sunday, August 18, 2013

TERUS BERPROSES

Hari 14/08/2013 adalah hari kesekian diliburan hari raya idul fitri saya masih dikampung halaman. Hari kesekian yang saya lewati unutk melepas penat yang selama ini disibukan dengan rutinitas kerjaan. Selama 2 minggu ini saya full menghabiskan waktu untuk kedua orang tua dan mbak dan mas saya yang juga kebetulan pulang kampung juga. Ada hal menarik dari sisi kepulangan saya yaitu antara sisi kepulangan yang sesungguhnya yang sebenarnya masih jauh dari kata pulang. Masih banyak yang kammi tinggalkan selama ini dalam saya menjalani kehidupan disana. Tak layak dan tak patut di banggakan, semoga tuhan yang maha esa mengampuni segala kekeliruan saya, kesombongan saya, kesengajaan saya, kendablegan saya, ketidak perdulian saya, ketidak patuhan saya, keteledoran saya, sampai kepada hal yang paling hakiki sebagai keyakinan pun sengaja saya tinggalkan. Bilangnya masih muda masih sehat masih wajar bila meninggalkan, Seolah olah semuanya memaklumi unutk hal bodoh dan rugi yang saya kerjakan. Kapan semuanya akan saya kerjaan sesuai dengan keyakinan saya, apakah tujuan dan cita cita yang saya anggap mulia saya tempuh dengan jalan unutk mengesampingkan perintah dan larangannya, apakah saya upaya dan daya yang saya jalani akan berbuah manis sesuai dengan tujuan awal saya, hal terindah dan masih dalam proses menuju kesana adalah tercapainya tujuan dengan jalan sesuai dengan petunjuk, perintah dan larangnyaNya. Hari ini, pagi ini adalah refleksi, sampai kapan pengingkaran terhadapa diri sendiri terus berulang, kapan saya akan mengakhiri pengkhianatan diri sendiri, kapan saya akan merasa malu terhapap diri sendiri, kapan saya akan melakukan putar balik untuk kemudian berjalan sesuai dengan petunjuk dan perintah yang maha esa. Adalah menjadi kewajiban untuk segera melakukan apa yang sudah menjadi kegalauan hati dan jiwa yang selama ini hanya mendapatkan kesenangan dan kegembiraan semu, bukan hakiki, sementara saya sadar yang semu adalah tipuan dan akan sirna tetapi yang hakiki adalah nyata dan fakta serta pasti. Hari ini adalah dorongan ulang dan motivasi ulang bahwa selama ini masih banyak yang harus dibenahi unutk menjadi lebih baik lagi, banyak hal yang ingin saya peroleh dan saya dapatkan untuk seseorang terkasih. Hanya kepada beliaulah jalan dan semangat juang ini saya persembahkan. Kata akhir saya unutk pagi ini, iseng menulis unutk diri saya sendiri, iseng untuk berefleksi dipagi hari, iseng mendapatkan sesuatu yang lebih dipagi hari, iseng berjuang belajar menulis, iseng berpikir dan iseng mengucapkan selamat pagi…..


Paitan,14/08/2013

Sunday, July 21, 2013

JASA JASA PEKERJA TOWER BTS


86 ENGINEERING dan Konsultan juga menyediakan jasa jasa pekerja dalam bidang pembangunan tower menara BTS mulai dari jasa sipil, jasa erector, dan jasa ME. Semua tenaga yang kami miliki sudah berpengalaman bergelut dibidang pembangunan BTS dengan estimasi pekerjaan 40 hari dari RFC ke RFI.

Hubungi 86 ENGINEERING  dan Konsultan
Base Camp Jl Dagang No 15 Sukajadi Pekanbaru
Email : ya_andri18@yahoo.com atau andri3_book@yahoo.co.id
Tlp : 081378638978 , 082381906561 dan 087893136346
Pin BB : 2645C5EF

Salam Mitra 86,







URUTAN PROSES PEMBANGUNAN TOWER BTS


I.          PEKERJAAN PERSIAPAN
            1          Mobilisasi dan demobilisasi
            2          Pebersihan Lokasi
            3          Pengadaan air bersih untuk air kerja
            4          Shop drawing
            5          Pekerjaan pengukuran dan bouwplank
II.        PEKERJAAN BORE PILE  
            1          Pekerjaan Fabrikasi
            2          Bore pile dan Pengecoran
II.        PEKERJAAN PONDASI TOWER 
            1          Galian
            2          Pabrikasi
            3          Pembesian
            4          Bekisting
            5          Lansir Material Cor
            6          Stel Angkur
            7          Pengecoran
            8          Urugan Kembali & Pemadatan
III.       PEKERJAAN TOWER        
            1          Tower On site & Lansir
            2          Sortir Tower
            3          Erection
            4          Pemasangan Tangga &Tray Vertikal
            5          Pengecatan
IV.       PEKERJAAN RBS/BTS OUTDOOR          
            1          Galian
            2          Pondasi Batu Kali
            3          Pabrikasi & Pembesian
            4          Bekisting
            5          Pengecoran
            6          Pemasangan Pole ACPDB dan RRU
V.        PEKERJAAN PAGAR         
            1          Galian
            2          Pabrikasi dan Pembesian
            3          Pengecoran Pondasi Pagar dan Batas lahan
            3          Kolom Pagar & Tiang Pagar
            4          Pintu Pagar
            5          Harmonika & Kawat Duri
VI.       PEKERJAAN ACCESS ROAD & HALAMAN    
            1          Pemerataan Halaman
            2          Urugan Pair
            3          Pemerataan Gravel
            4          Paving Blok
VII.     PEKERJAAN MEKANIKAL & ELEKTRIKAL   
            1          Pemasangan Grounding+Plat Copper
            2          Pemasangan Earting System (Splitzen)
            3          Pemasangan Obutruction light (OBL)
            4          Pemasangan Peneranagn (Lampu Taman)
            5          Pemasanga & Instalasi Panek Kwh & ACPDB
            6          KWH Box & Tiang
            7          Penarikan Kabel Power
VIII.    PEKERJAAN CME FINISHING    
            1          Grouting Pedestal
            2          Plat Identitas Tower
            3          Pengecatan Pedestal
            4          Pengecatan RBS/BTS Outdoor
            5          Pengecatan Pagar
IX.       LISTRIK (PLN)        
            1.         Pengajuan ke PLN
            2.         Penyambungan Daya
            3.         Pengetesan
X.        PRA ATP & ATP      
            1.         Pemeriksaan Uji Terima
            2.         Finishing ATP
XI.       BAST 
            1.         BAST

JASA PEKERJA KONTRUKSI TOWER BTS

Pengecoran borepile


Lantai kerja pilecap

bekisting dan pembesian

pembesian tapak dan pedestal

pengukuran angkur

proses pengecoran pilecap

buka bekisting pilecap

Pengurugan pilecap

proses perbaikan tangga dan tray

tampak tower dari samping

tower dari atas

view all tower

Pondasi RBS

Tower samping

Tampak tower samping
86 ENGINEERING dan Konsultan juga menyediakan jasa jasa pekerja dalam bidang pembangunan tower menara BTS mulai dari jasa sipil, jasa erector, dan jasa ME. Semua tenaga yang kami miliki sudah bertahun tahun bergelut dibidang pembangunan BTS dengan estimasi pekerjaan 40 hari dari RFC ke RFI.

Hub kami untuk untuk pelayanan maksimal yang ingin anda dapatkan.

Pin : 2645C5EF
No Hp : 081378638978,082381906561,087893136346

Salam hangat

KEEP REMEMBER of PAITAN VILLAGE


Obrolan antar deso menjelang riyoyo.....

Deso 1 : Kembolah malah riyoyo maneng,
Deso 2 : Lha kok malam kembo, kan iso podo ngapuro2an..
Deso 1 : Yo nek seng kuwi yo mesti, adeng rak posisine nyong kor sedilut ae dieling2 ng masyarakatku.
Deso 2 : Maksudmu kuwi priwe?
Deso 1 : Jajal no, lha wong2 ngonaku kor eling aku H - 3 karo H + 3 tok, sak lebare wes ora kelingan, malah pas H + 3 sedulur2 ku podo dijak melo ora kelingan mbek aku. piye iki mbara?
Deso 2 : Lha karep mu iki priwe? isih mending dieling eling dari pada ora babar blas, njur njaluke opo jane?
Deso 1 : maksudku yo wektu seng ngo ngelinge kan kor 6 dino cacahe, mbok ya o di gunakke penuh ngo nguri2 onone aku.
Deso 3 : Dadi deso kok ya nduwei roso cemburu iki piye? posisimu kan yo kor nggo numpang urip, mbok ya o nduwei roso seng jembar dodone. diuri2 karo seng nduwe yo syukur, nek ora yo ora popo. karang diduweni iki onone manut karo manut.
Deso 2 : Setuju aku karo deso 3,opo meneh iki wulan poso, ora oleh ngarep2 seko wong liyan kor ngo ngapikke awake dewe. nek menurut deso 1 siji piye?
Deso 3 : jal piye Deso 1?
Deso 1 : Nek nyong yo tetep nuntut, wong wes seko jaman cilik barenG2 lan ngerti kahanan, ket jaman isih ra kepenak bareng2 kok, saiki kok yo arep ngilang2ke. saiki ngene wae, oleh elinge mbek nyong kor 6 dino, adeng wektu 6 dino kuwi murni kor nggo aku. ora oleh ono wong liyane nganggu kebersamaan aku karo masyarakatku lan jawabno seng jujur seko atine mayarakatku kabeh "penak ndi urip ng ndeso karo ng kutho?"
Deso 2 : Yo wes nek koyo ngono karep mu, mengko tak sampeke karo masyarakatmu.

Kor gluwehan, nggo refleksi sebagai sesama wong paitan,monggo podo sami2 nguri2 onone deso paitan.

Wednesday, July 3, 2013

PEMBANGUNAN TOWER BTS


86 ENGINEERING  dan Konsultan Sudah lama bergelut dibidang perencanaan. Mulai Perencanaan Rumah tempat tinggal, Perencanaan Rumah Renset, Perencanaan Renovasi Rumah, Perencanaan Jalan, dan Perencanaan Tower BTS. Tim 86 ENGINEERING  dan Konsultan dalam melakukan perencanaan sebuah bangunan dilandasi dengan Aturan – aturan yang berlaku, seperti SNI 2002, EIA/TIA 1996, PPBBI, dan Peraturan peraturan lainnya yang berlaku diindonesia.
86 ENGINEERING  dan Konsultan Dalam melakukan perencanaan dibantu mengunakan software – software sebagai alat penghitung dan untuk pembanding hasil program yang digunkan adalah hitungan manual yang masih 86 ENGINEERING  dan Konsultan pertahankan.

86 ENGINEERING  dan Konsultan Bergerak dibidang :
1.      Perencanaan Tower BTS
2.      Perencanaan Gedung
3.      Perencanaan Rumah
4.      Perencanaan Jalan

Hubungi 86 ENGINEERING  dan Konsultan
Base Camp Jl Dagang No 15 Sukajadi Pekanbaru
Email : ya_andri18@yahoo.com atau andri3_book@yahoo.co.id
Tlp : 081378638978 dan 087893226842











Thursday, May 23, 2013

MASIH KESANA DAN TETAP KESANA


Ada yang namanya perubahan haluan adalah hal yang wajar didalam sebuah proses. Kadang membelok dijalan yang tetap lurus dan kadang mendaki dijalan yang datar, banyak hal yang enyebabkan semuanya bisa menjadi lain disaat ligkungan menghendaki hal yang berbeda. Ada sejenis hal yang itu dinamakan entah yang ada dalam diri setiap manusia yang berhubungan dalam hal tingkah dan kemauan setiap manusia. Menjadi wajar setiap tingkah laku manusia apabila diseertai pembenaran oleh diri sendiri, hal yang tadi rancu dan tidak sesuai dengan plan awal akan menjadi baik baik saja apabila sang diri sudah mengajukan testimoni akan kewajaran hal yang sedang terjadi. Ada hal yang membuat harus menjadikan semuanya wajar adalah pribadi permisif terhadap diri sendiri, seolah olah tidak ada jiwa pertahanan bahwa semuanya akan berjala sesuai dengan plan awal. Oke, sekarang adalah berbelok ataupun mendaki tapi peristiwa ini hanya sementara yang akan menjadikan semuanya akan menjadi kuat dan tahu akan semua hal yang sebenarnya akan menjadi proses yang gemilang. Satu hal yang menadikan kita sebagai manusia tetap kuat dalam menjalani hidup adalah sebuah mimpi, mimpi yang sudah menjadi kesepatan antara cita cita dan tekad, sesuatu yang akan mengantarkan kita pada ketulusan untuk serius menjalani setiap detail proses didalam hidup ini. Detail yang setiap waktu ada menemui sebongkah kecil masalah dan itu adalah senandung yang secara sadar akan menjadi irama disetiap perjalanan.
Saat ini adalah proses, dan akan menjadi sebuah cerita dimasa datang, bahwa hari ini adalah suatu misi unutk masa depan yang lebih baik. Sebuah kesadaran akan wujud kerja keras yang memang harus dijalani untuk menghasilkan mimpi yang masih dimimpikan. Ada makna suci yang terkandung didalam sebuah ketulusan, yang diyakini akan memperlancar proses menuju kearah mimpi yang dimimpikan. Ucapan salam kepada masa depan untuk mau menunggu masa masai indah yang memang ada rencana unutk merayakan bersama sama. Ada hal pasti untuk siapa hasil ini akan diberikan, mereka sudah menjadi bagian dan seharusnya mereka yang mau menjadikan saya menjadi bagian dalam hidupnya, dan juga mereka calon yang akan menjadi bagian dalam kehidupan kelak. Alhasil semuanya masih dalam proses dan akan dinikmati, disyukuri dan rintangan kecil hari ini adalah sangat kecil untuk sebuah mimpi didepan sana.

COMITMENT TO KEEP YOUR DREAM

Pekanbaru,23 Mei 2013

Thursday, April 11, 2013

Saya tidak lebih baik dari mereka

Sering melihat dan sering ikut menghujat,seolah olah mereka adalah manusia yang paling bejat dan paling buruk terhadap dirinya sendiri, haus akan nafsu duniawi, harta dan materi. mereka adalah yang tiap hari ada dan menjadi sajian  sarapan kita sehari hari. waktu berubah dan berlalu membawa saya kepada suatu hal dan lingkungan yang memang penuh dengan kesempatan dan peluangan untuk melakukan hal yang sama. giyuran kenikamatan, banyaknya hal yang akan saya dapatkan, adalah hal yang membutakan hati dan jiwa saya untuk patuh pada insan pribadi. ternyata saya kalah dengan keadaan dan lingkungan, saya dipaksa unutk mengikuti lingkungan yang hina, lingkungan yang pernah saya hujan selama ini terjadi menjadi bagian hidup saya sehari – hari. Lingkaran yang tiap hari di selimuti oleh iming iming mengiyurkan, sementara iman dan kepribadian belum ada apa apanya untuk menahannya. Korban selanjutanya adalah diri saya adalah telah hina. Saya yang pernah menjadi penghujat telah menjadi bagian yang terhujat, saya yang selama ini sok tidak kotor telah menjadi bagian dari kotor itu. Bisakan kembali? Melalui tulisan kecil ini, tulisan yang menghantarkan kepada sesuatu refleksi kecil unutk mengingatkan bahwa ada hal yang salah selama ini saya jalani. Saya harus kembali, saya haru menjadi hal yang pernah saya jalani, integritas atas semua peluang unutk menjadi dan tetap menajdi diri sendiri. Awali hari dimulai hari ini unutk yakin akan integritas yang pernah dimiliki, bahwa tujuan itu akan tercipta dengan mudah apabila saya mampu menjaga integritas yang pernah saya janjikan. Tuhan maha adil akan semua pikiran yang dipikirkan oleh hambanya. Salam saya hari untuk sebuah integritas yang harus saya pegang demi sebuah cita cita yang harus saya capai.berani jujur untuk mengakuhi kesalahan dan berani jujur untuk tindakan kedepan.

Pku,11/04/2013

Wednesday, January 30, 2013

The Last Time

Adalah Naluri setiap insan manusia untuk bertahan dari semua hal yang ada di bumi ini. pasti ada yang namnya perpisahan yang tak bisa kita elakkan di suatu hari. ada banyak pertimbangan disaat kita harus memutuskan sesuatu hal yang namanya perpisahan. Hal hal yang pernah menajdi bagian entah itu teman yang selalu bersama, monitor yang selalu di pantengin atau banyak hal mengenai rekanan yang saling adu argument untuk sebuah hal yang kita yakini benar adanya. memang menjadi keharusan semuanya untuk menjadi masa lalu yang tidak mungkin kita lupakan. setiap proses akan menjadi bagian penting dalam setipa langkah seorang manusia. entah itu buruk menurutnya ataupun baik menurutnya, semuanya akan menjadi hal yang akan mendewasakan kelak di kemudian hari dan akan menjadi berguna di lain waktu. selamat tinggal dan jabat tangan erat akan mengawali salam perpisahan yang akan segera terjadi. "semoga betah disini dan akan semakin maju dimasa yang akan datang", jawabnya " semoga kamu juga akan mendapakan yang terbaik ditempat yang baru, jangan segan segan untuk main kesini ". Tak ada air mata yang keluar, karena memang tak ada kesedihan yang terjadi. persoalan yang memang seharusnya terjadi untuk membenturkan nasib selama ini akan menjadi proses baru dikemudian hari. semuanya akan baik baik saja dan akan menjadi yang terbaik dimasanya.
Ada yang namanya jalan bebas kita dalam memilih sesuatu, ada hal yang patut menjadi pilihan yang menurut kita adalah jalan yang akan memudah kan kita di masa yang akan datang. tak ada pembanding yang bisa di miliki sebagai bahan referensi apakah kehidupan dimasa depan adalah kehidupan yang mulus yang akan mempermudah kita dalam melangkah, salah satu yang terbaik untuk masa depan adalah " ya, saya berani dengan semua ini". hal yang menurut saya adalah sebuah motivasi tertinggi untuk mensugesti diri sendiri tentang keadaan yang harus dijalani. adalah bermanfaat untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri sendiri (kalau seandainya dalam masa single). menurut hal yang indah adalah hal yang menjadi tantangan dimasa kini untuk mendapatkan dimasa yang akan datang. memberi perhatian dan fokus tentang hal ini adalah hal mutlak yang mesti diberi ruang lebih untuk sebuah hal yang besar. tak berhenti hanya dipikiran, semuanya butuh keringat unutk mewujudkan sesuatu hal itu.

The last time for plan at my office.
PKU 30/01/2013

Tuesday, January 29, 2013

Pemodelan Tower BTS dengan Autocad dan SAP2000


Secara garis besar output yang dihasilkan dari perhitungan pembebanan menjadi input pada SAP 2000 V 14 dan selanjutnya dilakukan perhitungan struktur tower itu sendiri (preliminary) dan mengacu pada standart PPBBI 1984 dan SNI 03-1729-2002. (sebagai kontrol) Beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi struktur menara secara keseluruhan untuk menentukan stabilitas menara adalah puntiran (twist), goyangan (sway) dan perpindahan (displacement). Puntiran adalah perputaran sudut dari jalur pancaran antenna pada bidang horizontal dari posisi tanpa beban angin pada ketinggian tertentu. Goyangan adalah perputaran sudut dari jalur pancaran antenna pada bidang vertical dari posisi tanpa beban angin pada ketinggian tertentu. Perpindahan adalah pergerakan horizontal dari sebuah titik relative terhadap posisi tanpa beban angin pada ketinggian tertentu. Puntiran dan goyangan struktur menara secara keseluruhan akibat pembebanan yang terjadi tidak boleh melebihi 0.5 derajat, sedangkan perpindahan yang terjadi tidak boleh melebihi nilai h/200, dimana h adalah ketinggian total menara tanpa peralatan. (TIA/EIA-222-F Standart, 1996)
          Toleransi analisis dan design adalah :
a. Twist/ Puntiran = 0,5 °
b. Sway/Goyangan = 0,5 °
c. Displacement Horisontal/Perpindahan = H / 200 (H = tinggi tower)
d. Perbandingan tegangan < 1

Untuk info lebih lanjut, Hubungi kami di,
86 ENGINEERING  dan Konsultan
Base Camp Jl Dagang No 15 Sukajadi Pekanbaru
Email : ya_andri18@yahoo.com atau andri3_book@yahoo.co.id
Tlp : 081378638978



Monday, January 28, 2013

Beban Mati Pada struktur Menara BTS


Beban mati terdiri dari : berat sendiri tower, berat antenna, berat tangga dan bordes.
1.Beban sendiri tower adalah berat yang tergantung dari jenis profil yang digunakan dalam perencanaan struktur tower tersebut. Berat ini secara otomatis akan dihitung sendiri dalam program bantu SAP2000 V14.
2.Beban antenna adalah berat tambahan yang dibebankan pada struktur tower. Berat dari antenna ini sendiri tergantung dari jenis dan jumlah antenna yang terpasang. Secara umum antenna pemancar yang biasa digunakan untuk tower komunikasi ada dua macam yaitu antenna jenis solid dan grid. Dengan parameter diameter yang sama, antenna jenis solid mempunyai berat yang lebih besar daripada jenis grid.
3.Beban tangga adalah berat yang juga diperhitungkan dalam struktur tower ini. Perencanaan beban tangga untuk menara tower mempunyai persyaratan yaitu untuk menara tower dengan tinggi lebih dari 50 ft (15 meter), harus tersedia tangga sebagai tempat istirahat. Untuk jarak (spasi) antara anak tangga minimum 12 inci (30,48 cm) dan maksimum 16 inci (40,64 cm), serta mempunyai lebar bersih tangga minimum 12 inci (30,48 cm). Menurut peraturan EIA/TIA, 13. 2. 2.
4.Beban bordes juga diperhitungkan dalam struktur tower ini. Perencanaan beban bordes ini berfungsi sebagai tempat istirahat sementara untuk para pekerja. Beban bordes yang bekerja pada menara tower adalah sebesar 67 kg. Menurut peraturan EIA/TIA, 13. 2. 5.

Gaya angin terhadap struktur menara


Beban angin yang bekerja terdiri dari beban pada struktur menara dan beban pada antenna. Tekanan angin pada struktur dihitung dengan mengasumsikan tekanan angin yang bekerja pada titik simpul dalam setiap section /segmen. Adapun pengolahan data angin yang akan dijadikan sebagai input dalam analisa adalah kecepatan angin maksimum. Rumus yang digunakan  mengacu pada peraturan EIA/TIA-222-F.
Selain beban angin yang bekerja pada menara tower, juga terdapat beban angin yang bekerja pada antenna. Beban angin yang bekerja pada antenna juga tergantung pada jenis antenna yang digunakan dan ukuran diameter antenna tersebut. Beban angin yang diterima antenna akan semakin besar jika diameter antenna yang digunakan adalah besar.
Menurut Standard TIA/EIA-222-F Standard 1996, beban angin dihitung terhadap dua katagori; yaitu angin yang menerpa struktur dan angin yang menerpa piringan antenna.
1.            Beban angin pada struktur menara. Perhitungan beban angin pada menara adalah sebagai berikut :
F = qz . GH . CF . AE , dan tidak boleh melebihi: 2qz . GH . AG
Dimana :
F = gaya angin horizontal (tegak lurus bidang gambar) (N)
qz = tekanan kecepatan, Pa = 0.613 Kz . V2
GH = 0.65 + 0.60 / (h/10)1/7 (gust response factor) (m) CF = 3.4 e2 – 4.7 e + 3.4
( penampang segitiga – konfigurasi kaki menara )
AE = luas proyeksi efektif dari komponen struktural pada satu muka (luas bagian yang terkena angin) (m2).
AE = DF. AF . + DR . AR . RR
AG = luas kotor dari satu sisi menara (luas total profil), (m2)
AF = luasan terproyeksi dari komponen struktur datar pada satu muka dari penampang, (m2)
AR = luas terproyeksi dari komponen structural pada satu muka dari penampang, (m2)
V = kecepatan dasar angin, (m/s)
Z = ketinggian di atas tanah sampai titik tengah dari penampang yang ditinjau, (m)
h = tinggi total struktur, (m)
Kz = koefisien keterbukaan struktur (z/10)2/7
e = rasio kepadatan (AF+AG) / AG
RR = faktor reduksi untuk komponen structural bundar (0.51 e2 + 0.57) DR = faktor arah angin untuk komponen datar
 = 1.00 (untuk penampang segitiga dan arah angin normal)
 = 0.8 ( penampang segitiga dan arah angin 600
Beban angin yang menerpa struktur memiliki besaran yang berbeda pada setiap ketinggian. Semakin tinggi titik tinjauan, maka semakin besar beban angin yang menerpa struktur .
Sebagai contohnya saya sertakan dibawah ini,


Friday, January 25, 2013

Sedikit Tentang Tower BTS


Alur yang tersaji diatas adalah muara bagaimana sebuah tower BTS sangat dibutuhkan oleh provider telekomunikasi dewasa ini. Tower BTS adalah sebuah bangunan rangkaian baja yang disusun ke atas dengan kisaran ketinggian 32 – 120 meter yang berfungsi sebagai tempat menginstal antenna telekomunikasi. Dimulai pesaingan yang sangat ketat oleh banyaknya provider yang ada diindonesia dalam mendapatkan konsumen sebanyak banyaknya menuntut provider ini melakukan inovasi ataupun peningkatan pelayanan dalam bidang yang menjadi tujuannya. Konsumen yang ada sekarang ini adalah konsumen yang menuntut adanya timbal balik yang sesuai dengan jumlah uang yang sudah dikeluarkan. Dan hal ini adalah menjadi wajar karena hal ini adalah normal bagi sebuah bisnis dan tentunya akan sangat mudah tersaingi oleh provider lain. Harga yang murah dengan pelayanan prima adalah kunci bagaimana provider dapat mendapatkan konsumen yang sebanyak banyaknya. Tentunya masih banyak fariabel lain yang berpengaruh dalam banyak sedikitnya konsumen yang didapatkan. Ada faktor lain selain harga yang murah, adalah sinyal yang kuat juga menjadi fariabel yang tidak boleh dipandang sebelah mata oleh provider. Harga yang murah tetapi konsumen akan sangat tersiksa dalam mengunakan layanan ada. Bagaimana mau melakukan kegiatan mengunakan jasa internet, apabila untuk login saja tidak bisa masuk. Tentunya sinyal dalam telekomunikasi adalah roh dari semuanya. Telekomunikas tanpa sinyal adalah sia sia. Sinyal dalam hal ini dihasilkan dari berbagai perangkat yang tentunya tidak hanya satu jenis saja. Ada banyak susunan item yang berfungsi dan menjalin suatu link unutk menghasilkan sebuah sinyal dan kemudia bisa dinikmati oleh konsumen pada umumnya. Perangkat yang langsung berhubungan dengan ponsel ataupun modem internet yang kita punyai disebut BTS. Ada berbagai perangkat yang menyatu dan kemudian dinamakan sebagai BTS, adalah antenna salah satu bagian dari BTS yang terletak di ketinggian tertentu. Untuk meletakan antenna di ketinggain tertentu di perlukan sebuah bangunan yang bisa berfungsi sebagai penopang. Dalam hal ini digunakanlah tower, seringkali di buat dari rangkaian profil baja siku ataupun pipa, disusun keatas dengan dimensi bentang yang semakin mengecil, tower bts seperti ini termasuk jenis SST ( Self Supporting Tower ). Ada juga jenis tower BTS yang hanya mengunakan satu pipa silender besar yang ditegakan  dalam ketinggian tertentu, tipe tower ini dinamakan Tower Monopole. Ada juga tipe Guyed pole yaitu tower yang dibantu dengan kabel slink untuk membantu kekuatan struktur dari pengaruh angin. Tower jenis SST adalah jenis yang sering digunakan para provider dalam menginstal antenna, baik antenna tipe MW ataupun tipe RF. Karena kebutuhan yang memang harus ada sebuah tower untuk meletakan antenna, maka di bangunlah sebuah tower untuk meletakan antenna tersebut. Mengenai ketinggian suatu tower BTS didasarkan dari berbagai lini/divisi yang ada diperusahaan provider tersebut. Implementasi setelah terjadi kesepakatan mengenai jenis dan ketinggian dari tower tersebut, maka tower bisa dibangun sesuai dengan standar persyaratan pembangunan tower. Dimulai dengan soil test site, unutk mengetahui jenis pondasi apakah yang akan digunakan untuk menopang struktur atas dari pengaruh beban mati, beban hidup dan beban angin. Jenis tanah sudah diketahui, pekerjaan pondasi bisa dijalankan dengan mengunakan peraturan – peraturan yang berlaku, bagaimana pembesian yang digunakan, mulai dari tulangan dan tulangan pembagi yang sesuai dengan gaya maksimal dari atas dikurangai tital friksion yang terjadi oelh tanah tersebut. Pondasi selesai, yang tak kalah penting nya adalah dalam penyetelan angkur tower, sangat vital penyetelan angkur untuk menentukan ketegakan menara yang akan dihasilakan. Setelah semuanya selesai, pengecoran bisa dilakukan dan seharusnya dikerjakan dalam satu waktu guna mendapakan hasil yang maksimal.

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai detail pelaksanaan pembangunan tower BTS,
PKU, 24 Januari 2013

Keluarga cemara

Ini lagunya…
Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tida tara adalah keluarga
Selamat pagi emak ( mamak )
Selamat pagi abah ( Bapak )
Mentari pagi ini berseri indah
Terima kasih emak ( mamak )
Terima kasih abah ( Bapak )
Restu kasih perkasa
Bagi kami yang siap berbakti
Harta yang paling berharga adalah keluarga.
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tida tara adalah keluarga
Selamat pagi emak ( mamak )
Selamat pagi abah ( Bapak )
Mentari pagi ini berseri indah…

Jadi ingat keluarga yang ada dikampung, masuk, meyentuh, langsung kedalam kalbu. Ekspresi yang paling sesuai terungkapkan kepada orang tua kita yang telah menajdi mentor kehidupan kita sebagai anak selam ini. Harta yang paling berharga adalah keluarga, dalam sekali makna kalimat tersebut. Jadi pingin pulang ketempat orang tua. Beliau sudah tua, sudah banyak lika liku kehidupan yang beliau lalui unutk mengantarkan anak anaknya menajdi yang terbaik beliau bisa lakukan. Semaksimal mungkin semangat yang dipunyai oleh seorang anak adalah untuk membahagiakan kedua orang tua kita, mampu mewujudkan cita cita pribadi yang belum bisa diraihnya adalah sesuatu yang paling istimewa yang bisa dirasakan oleh seorang anak kepada orang tuanya. mari pulang untuk sekedar memastikan keadaan orang tua kita dalam keadaan sehat wal afiat. Kalau jarak dan waktu bisa diprioritaskan unutk berkunjuang langsung adalah hal yang sangat membahagian kedua orang tua kita. Komunikasi inten unutk sekedar menanyakan keadaaan ataupun mendengar suara dari beliau adalah anugerah paling besar yang bisa dimiliki oleh seorang anak yang jauh dengan orang tuanya. Waktu dan jarak serta kesempatan belum memungkinkan untuk melakukan rutinitas unutk berkunjung menanyakan kabar serta membawakan oleh oleh kesukaan kedua orang tua kita adalah hal yang mudah mudahan say bisa lakukan kelak. Selamat pagi emak ( mamak ), Selamat pagi abah ( Bapak ) semoga dalam keadaan sehat selalu, dilindungi oelh allah SWT, semoga sampai kepada saatnya untuk berangkat, doakan anakmu yang sedang berjuang unutk proses itu. Amin.


Wednesday, January 23, 2013

FOR NEXT

Ada hal yang saya yakini akan membuat kuat dalam semua hal yang ada dikehidupan, ada hal membuat kekuatan yang semakin berlipat ketika semuanya bermuara kekeluarga. ya itulah kekuatan yang saya yakini selama ini dan akan terus saya yakini sebagai senjata saya dalam berjuang dengan kehidupan. disaat melihat anak kecil yang harus disuatu saat mendapatkan sesuatu yang terbaik dalam pendidikannya kelak, hanya pendidikan terbaik yang akan membawanya menjadi pribadi yang sanggup mengarungi kehidupannya kelak. sesuatu saat akan sampai kepada saat saat dimana saya harus menajdi seorang bapak terhapap anak anak saya. ada hal yang sekarang ini masih saya bayangkan dan semoga semuanya bisa saya jalani dengan lancar. ada angan angan bahwa konsep sebuah pendidikan untuk anak saya kelak adalah yang terbaik untuk anak saya kelak. ada bimbingan yang terbaik mulai dari pendidikan formal dan pendidikan agama yang harus didapatkan dari pesantren. dambaan saya sebagai calon ayah yang saat ini belum mempunyai seorang pendamping hidup yang suatu saat menjadi prioritas untuk mencarinya, adalah sebuah keharusan tentang sosok pendamping yang punya komitment sama terhadap yang saya pikirkan. fokus saya dalam mencari pendamping hidup adalah murni untuk sebuah kehidupan anak anak saya yang kelak harus mendapatkan pendidikan yang maksimal, pendidikan yang terbaik untuk proses kehidupannya kelak. Anak adalah mutiara yang menjadi lambang seorang manusia tentang eksistensi keberadaan seorang manusia. adalah hal yang menyenangkan dan dambaan yang suci lahir dari lubuk hati yang paling dalam untuk sebuah cita cita untuk sang anak. salam hangat untuk calon anak saya yang mudah mudahan mampu da bisa saya dalam mempersembahkan pendidikan yang terbaik kelak. keluarga hangat dan harmonis semoga bisa tercapai kelak.



PKU, 23 Januari 2013.

Gelar_Keluarga Cemara


Salam Prasangka baik kami kepada kehidupan, kami percaya kehidupan akan berpihak kepada kami apabila kami mau menerima salam pertemuan dan kami pun akhirnya membukaan pintu yang terkunci dan selanjutanya kami bercanda bersamanya…

Luar biasa..apa yang barusan kami tulis dan masih menjadi khayalan, tiba – tiba pintu terbuka dan masuklah sang pangeran kecil dan saya yakin sang pangeran inilah yang akan melanjutkan perjuangan mengarungi kehidupan disuatu masa kelak.
Kepada yang pangeran kecil (Reyzal Gelar Pratama) Kami yakin dan percaya engkau akan menjadi Luar biasa di suatu hari kelak, Kami akan memberikan yang terbaik untuk masa – masa belajar engkau…rajin belajar, tekuni apa yang menjadi keinginan dan bakatmu, semoga kelak engkau menjadi anak yang berbakti kepada IBU…
Salam sayang dan penuh cinta kepada Reyzal Gelar Pratama
Bdg, 10/08/2012

Now, 23/01/2013, you has begun one step to forward, keep fight.

Saturday, January 19, 2013

Management

86 Engineering dan konsultan mempunyai sumberdaya manusia sesuai dengan bidangnya masing masing. Perencanaan Tower BTS, perencanaan gedung, perencanaan jalan sangat dikuasai oleh tim 86 Engineering dan konsultan guna mendukung proses jasa yang kami tawarkan kepada konsumen. Dalam rekayasa sipil yang 86 Engineering dan konsultan geluti selama ini dalam mengerjakan suatu perencanaan rekayasa sipil tim 86 Engineering dan konsultan mengacu peraturan – peraturan yang berlaku diindonesia seperti SNI, PPBBI dan TIA/EIA khusus untuk tower BTS. Tim 86 Engineering dan konsultan dalam melakukan rekayasa sipil dibantu dengan program computer seperti SAP2000 dan ETAP, dalam implemetasi gambar bestek mengunakan program AUTOCAD 2010. 
Dalam merencanakan sebuah bangunan apakah itu gedung, jalan atau tower 86 Engineering dan konsultan  tidak akan keluar dari peraturan yang disyaratkan diindonesia. 
Sebagai salam pertemaun kami tim 86 Engineering dan konsultan mengucapakan selamat bermitra dengan kami, kami akan menjaga kerjasama yang terjalin.

Salam 86 Engineering dan konsultan

Friday, January 18, 2013

Mencari Gaya Angin Perulangan per 10 tahunan

Langsung saja ketema dari postingan kali ini, yaitu bagaimana sih caranya mencari gaya angin rencana selama 10 tahun atau 20 tahun mengunakan metode – metode peluang yang sering kita jumpai dibangku saat kita kuliah. Pada saat mata kulaih hidrologi sering kita jumpai berbagai macam rumus – rumus yang membuat pusing kepala ini. Disini saya akan sedikit membahas satu metode dulu yang rencananya ada 3 metode yang bakalan saya posting dikemudia hari. Metode nya adalah Metode Gumbel, Dalam metode Gumbel, pertama kali akan dilakukan perhitungan variabel-variabel distribusi data seperti banyaknya jumlah data, nilai rata–rata, standar deviasi, nilai faktor reduksi nilai rata–rata, dan nilai faktor reduksi standar deviasi. Untuk nilai reduksi nilai rata–rata dan standart deviasi bisa dilihat pada tabel Yn dan Sn dengan melihat N (jumlah data).
Contohnya yang ini, yah
Setelah Tabel diatas sudah ditemukan mengunakan bantuan kalkulator, baru diinputkan kedalam rumus basic dalam metode gumbel.
Simple dan sederhana bukan ?

SNI-03-1729-2002_Tata cara perencanaan struktur baja untuk bangunan gedung

Kombinasi beban yang ditinjau didasarkan pada pasal 6.2.2 SNI 03-1729-2002 dan berdasarkan beban-beban yang terjadi, memberikan kombinasi pembebanan sebagai berikut:
          1,4 D                   
          1,2 D + 1,6 L                                 
          1,2 D + (gLLL atau 0,8 W)                     
          1,2 D + 1,3 W + gL L.L                                      
dengan :
D  =     adalah beban mati yang diakibatkan oleh berat  konstruksi  permanen pada tower, termasuk beban tangga, bordes, antena dan peralatan layan tetap
L  =     adalah beban yang ditimbulkan oleh pekerja saat pelaksanaan konstruksi maupun saat pemeliharan termasuk peralatan dan material.
W =     adalah beban angin.
gL L  = 0,5 bila L<5 dan="dan" kpa="kpa" lang="AF" span="span" style="font-family: Symbol; font-size: 11pt;">g
L L = 1 bila L>5 kPa

Untuk lebih detail mengenai SNI-03-1729-2002 BIsa didownload dibawah ini,