Thursday, January 3, 2013

Latar Belakang Pembangunan Tower BTS_Perencanaan Tower

Perkembangan dunia telekomunikasi yang berkembang sangat pesat terjadi dewasa ini, menuntut para provider telekomunikasi untuk  berlomba-lomba merebut hati banyak para konsumen. Banyaknya provider-provider yang ada di Indonesia, menyebabkan persaingan antar provider tidak terelakan. Salah satu wujud untuk merebut hati para konsumen adalah dengan perluasan jangkauan sinyal telepon seluler dan sinyal internet dalam bentuk 2G dan 3G. Keberadaan sinyal telepon dan sinyal internet yang kuat dikarenakan adanya antenna pemancar sinyal ataupun antenna penerima sinyal diwilayah jangkauan area tersebut. Antenna Ini akan berfungsi dengan jangkauan yang  sesuai dengan kapasitasnya, apabila antenna tersebut terletak diketinggian tertentu. Untuk mensiasati keberadaan antenna yang harus dipasang dalam ketinggian tertentu, mengharuskan pembangunan tower menara BTS.
Keberadaan tower BTS yang sangat vital inilah, dibutuhkan suatu kontruksi sebuah tower BTS yang kuat untuk menopang berat dari rangka baja tower BTS itu sendiri, ditambah beban mati dan beban hidup serta beban angin yang ada didaerah pembangunan tower BTS tanpa dipengaruhi oleh beban Gempa, karena menurut Sumargo (1997), Bahwa beban gempa tidak berpengaruh terhadap tower tipe SST. Dalam analisa tower BTS ini, beban yang berpengaruh secara dominan adalah beban angin karena angin adalah beban lateral yang mempunyai sensifitas tinggi terhadap bangunan konstruksi baja. 

Beberapa provider seluler yang ada diindonesia :
Operator Produk
Bakrie Telecom Esia
Hutchison 3
Indosat IM3Indosat MatrixIndosat Mentari
StarOne
Mobile-8 FrenMobi dan Hepi
Natrindo Axis
Sampoerna Telekom Ceria[34]
Smart Telecom Smart
Telkom Flexi
Telkomsel Kartu ASKartu HALO danSimpati
XL Axiata XL
Dari semua Provider2 tersebut kesemuanya membutuhkan sejenis tower, entah itu tipe SST, Monopole, Guyed atau jenis greendfield atau rooftop. semuanya jenis dan tipe tower membutukan sebuah perencanaan kontruksi tower BTS yang memenuhi syarat - syarat yang digunakan.
dalam analisa struktur tower BTS sesuai denagn persyaratan yang berlaku adalah
a. Twist/ Puntiran = 0,5 °
b. Sway/Goyangan = 0,5 °
c. Displacement Horisontal/Perpindahan = H / 200 (H = tinggi tower)
d. Perbandingan tegangan < 1



Contact Me


Kami ada di:

ya_andri18@yahoo.com

andri3_book@yahoo.co.id

No Hp 081378638978

BaseCamp : Jl Dagang No.15 Sukajadi Pekanbaru

86engineering_Konsultan Sipil

Melayani :

1.Perencanaan  (Hitung + Gambar ) Struktur Bangunan Gedung Meliputi : Atap, Pelat, Balok, Kolom, Pondasi

2.Perencanaan (Hitung + Gambar ) Struktur Tower BTS Meliputi : Profile Baja Per Section, Pondasi

3.Perencanaan  (Hitung + Gambar ) Jalan Meliputi : Geometrik, Alinemen, Tebal perkerasan





1 comment:

Unknown said...

Sy punya bts baseband unit indoor, type ZTE ZXSDR B8200.. ada 2 unit.. sypa tw ada yg minat bisa email ke davinzaveybe@gmail.com soal harga, bisa nego sampai deal.. tq