Friday, April 29, 2011

JENIS - JENIS ANTENNA BTS TOWER

Ada beberapa jenis antena bts tower, Dua jenis antenna bts tower yang sering kita jumpai di tower2 seluler yaitu :
1. Antenna yang berbentuk bulat dari yang kecil sampai yang super gede.
Antenna ini disebut juga dengan antenna parabola.Antenna parabola ini memiliki radiasi gelombang elektromagnetik yang menyempit sehingga bisa menjangkau jarak yang jauh. Sehingga antenna parabola ini dipakai untuk menghubungkan antar tower seolah-olah kabel yang tak terlihat.
Antenna ini ada berbagai macam ukurannya, dari yang paling kecil 0.2m, 0.3m, 0.6m, 0.9m, 1.2m, 1.8m, 2.7m, 3.0m, sampai yang terbesar berdiameter 3.7m bahkan 4.5m
Makin besar antenna makin sempit radiasinya, sehingga makin jauh jangkauannya. Istilah telco nya adalah makin tinggi Gain nya (Penguatannya). Tapi kalau make antenna besar perlu diperhatikan ruang di tower apakah mencukupi dan juga kekuatan tower.
Dalam dunia telco, Antenna yang bundar ini atau antenna parabola ini dipakai oleh perangkat yang dinamai perangkat transmisi microwave (gelombang mikro). Jangan dibayangkan ya kalau ini perangkat untuk memasak atau memanaskan makanan . Kenapa disebut microwave/gelombang mikro? Karena frekuensi yang dipakai cukup tinggi dimulai dari 3 GHz sampai 80 GHz.
2. Antenna yang berbentuk persegi panjang
antenna ini disebut antenna sektoral. Karakteristik antenna ini memiliki radiasi yang lebih lebar yang berguna untuk menangkap sinyal dari hand phone di sekitar tower. Antenna jenis ini yang dipakai oleh perangkat yang disebut sebagai BTS (2G), NodeB (3G) maupun eNodeB (LTE).

No comments: